Myanmar Harus Didesak Ubah Kebijakan Rohingya

Fajar Nugraha    •    Rabu, 20 May 2015 11:09 WIB
rohingya
 Myanmar Harus Didesak Ubah Kebijakan Rohingya
Pengungsi Rohingya (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Malaysia dan Menlu Thailand hari ini (20/5/2015). Pembahasan terkair dengan pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang terdampar di laut.
 
Menurut Guru Besar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana ada lima hal yang perlu disampaikan oleh Menlu Retno dalam pertemuan tersebut.
 
Pertama, negara-negara yang bersentuhan dengan kaum Rohingya di tengah laut harus mendahulukan prinsip kemanusian. Mereka harus membantu Rohingya untuk didaratkan di wilayah negaranya. Namun ini tidak berarti menjadikan kaum Rohingya warga negara setempat.
 
Kedua, ketiga negara menjadikan masalah kaum Rohingya sebagai masalah regional di ASEAN dan masalah internasional sehingga Indonesia Thailand dan Malaysia tidak terbebani sendiri atas tsunami manusia dari Myanmar.
 
"Myanmar perlu diimbau untuk mengubah kebijakannya yang mendiskriminasi kaum Rohingya sehingga mereka melarikan diri," ujar Hikmahanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (20/5/2015).
 
"PBB melalui UNHCR yang secara khusus menangani masalah pengungsi harus berperan aktif dalam penanganan pengungsi Rohingya dan tidak membiarkan masalah ini ditangani oleh negara-negara yang menampung kaum Rohingya," tegasnya.
 
Terakhir Hikmahanto menambahkan, Indonesia mengusulkan agar ada tempat penampungan khusus bagi pengungsi Rohingya. Indonesia bisa menawarkan salah satu pulau tidak berpenghuni seperti Pulau Galang di masa lalu. 
 
Namun Indonesia tidak bisa berperan sendiri. Pembangunan infrastruktur dan suplai kebutuhan hidup juga harus dibiayai oleh negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand dan lembaga internasional seperti PBB.
 
Pulau ini digunakan untuk menampung sambil di-screening untuk ditempatkan di negara yang mau menerima. Pulau ini juga memastikan agar kaum Rohingya tidak berbaur dengan warga setempat, khususnya warga Indonesia.



(FJR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA