Kenali Tanda-Tanda Perimenopause

   •    Rabu, 20 May 2015 13:29 WIB
kesehatankesuburan
Kenali Tanda-Tanda Perimenopause
Perimenopause terjadi sebelum menopause. (Foto:Askmen.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wanita akan mengalami periode yang disebut perimenopause, dimana ini merupakan tahap transisi ke titik ketika seorang wanita memiliki periode akhir dan menjadi subur. 

Gejala perimenopause seperti insomnia, kehilangan gairah seks, wajah memerah dan perubahan suasana hati. Bahkan, beberapa wanita mengaku gejala perimenopause mempengaruhi hubungan mereka.

Dr Sarah Brewer, seorang dokter dan penulis 'Overcoming Low Sex Drive' mengatakan, lebih dari setengah wanita mengatakan pasangan mereka pasti akan meminta lebih banyak seks. Namun, sayangnya mereka (wanita) tidak memiliki libido lagi."

Apa tanda-tanda masa perimenopause? Berikut ini 10 gejala perimonopause seperti dilansir dari healthista.com.

1. Menstruasi tidak teratur
Perubahan hormon mampu mempengaruhi indung telur Anda melepaskan telur dan pada masanya dapat membuat periode Anda lebih panjang atau pendek atau tidak sama sekali selama beberapa bulan.

2. Mengalami panas tinggi
Apabila tiba-tiba mengalami panas dan berkeringat, itu hal yang biasa terjadi saat masa perimenopause. Durasi dan intensitasnya pun bervariasi. Hal ini bisa juga berlangsung hingga sampai 15 tahun. Solusinya dengan memakai pakaian yang nyaman dapat mengurangi gejala.

3. Perubahan suasana hati
Perasaan akan sering berubah, mudah marah, cemas dan khawatir. Perubahan tempramen ini dapat menjadi tanda perimenopause hormonnya akan melorot. Kurangnya kualitas tidur juga dapat berkontribusi untuk ini.

4. Kekeringan vagina
Perubahan hormon sama dengan mengurangi jumlah cairan vagina yang dihasilkan dan juga keelastisitasnya. Beberapa wanita akan merasa tidak nyaman dan sisanya hanya melihat selama hubungan sosial. Dengan menggunakan pelumas vagina akan mengurangi ini.

5. Infeksi urine
Secara umum, wanita memang rentan terinfeksi urin karena bentuk anatominya. Hal ini terjadi untuk pertama kalinya selama periode perimenopause. Cara pencegahannya dengan buang air setelah berhubungan, menggunakan pelumas dan lakukan latihan pinggul.

6. Kehilangan libido
Perubahan suasana hati, kurang tidur pasti berkontribusi menurunkan libido. Namun, banyak wanita yang tidak memiliki masalah dengan ini.

7. Masalah kehamilan
Ovulasi berkurang dan ini menyebabkan masalah kesuburan. Butuh waktu satu tahun untuk hamil secara alami. Namun, jika Anda berusia 30-an dan awal 40-an Anda akan mengalami kesulitan hamil.

8. Perubahan berat badan
Stres dapat meningkatkan berat badan sebagai peningkatan kadar hormon stres kortisol dan menyebabkan kenaikan berat badan sekitar setengah dari berat aslinya. Hal ini dikarenakan Anda menggunakan lebih sedikit kalori saat usia Anda bertambah.

9. Sakit dada
Penurunan tingkat estrogen, kolestrol dan gula, tingkat dalam tubuh akan naik. Jantung dan pembuluh juga akan menjadi lebih kaku. Hal ini bisa membawa Anda lebih berisiko terkena penyakit jantung. (Sumarni)


(LOV)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

43 minutes Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA