Industri Migas Berperan Strategis ke Ekonomi RI

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 20 May 2015 14:37 WIB
ipa 2015
Industri Migas Berperan Strategis ke Ekonomi RI
Ilustrasi -- Reuters/Shannon Stapleton

Metrotvnews.com, Jakarta: Sumbangan industri migas di Indonesia menjadi salah satu yang memiliki peran sangat strategis dalam perekonomian Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, secara kualitas 10 tahun terakhir sektor migas ini menyumbang sekurang-kurangnya 21 persen dari penerimaan negara.

"Secara kualitas 10 tahun terakhir sektor ini menyumbang sekurang-kurangnya 21 persen dari penerimaan negara. Kita mengumpulkan Rp1.428 triliun dalam lima tahun terakhir, ini menambah penerimaan negara Rp5.600 triliun," kata Sudirman saat sambutan acara IPA Convex 2015, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Dia juga mengatakan bahwa industri ini menjadi penyimbang pendapatan negara dan pertumbuhan ekonomi yang kontribusinya sangat besar untuk negara, serta dapat menggerakan masyarakat dan industri lokal.

"Kita menghadapi masalah utama anjloknya kemampuan produksi minyak. Puncaknya di 1987 kita bisa menikmati lifting 1,5 juta barel per hari, sekarang sudah menjadi sejarah dan mungkin akan sulit sekali mencapai kembali titik itu," ujar dia.

Sudirman membeberkan, banyak upaya yang harus dilakukan pemerintah, salah satunya dengan cara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ditelah diserahkan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Apa pun itu jika semuanya saling bekerja sama Indonesia bisa memanfaatkan industri saat ini. Kondisi tersebut dianggap merupakan kesempatan besar," ungkap dia.


(AHL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA