Banyak Eksplorasi Demi Migas Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 20 May 2015 15:39 WIB
ipa 2015
Banyak Eksplorasi Demi Migas Indonesia
Menteri ESDM Sudirman Said. FOTO: ANTARA

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan harus ada upaya demi meningkatkan industri minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. Walaupun kondisinya sudah berbeda sejak 20 tahun sebelumnya, Sudirman mengatakan cara efektif dengan melakukan eksplorasi migas di banyak daerah.

Namun, untuk mendukung eksplorasi tersebut terkait dengan pembebasan lahan. Berangkat dari sini, Sudirman ingin bisa melakukan diskusi secara langsung dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

Ia memberi contoh, Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) belum lama ini secara langsung menemui bupati gubernur untuk secara langsung membicarakan pembebasan lahan.

"Saya dapat laporan dari Pak Amien (Kepala SKK Migas), kata Pak Gubenur, untuk pertama kali ada SKK Migas yang datang ke bupati gubernur," ungkap Sudirman, saat sambutan acara IPA Convex 2015 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Menurut Sudirman, tidak seperti pemerintahan lalu, eksplorasi di Indonesia pada dasarnya cukup banyak. Bahkan, tidak ada salahnya jika berdiskusi langsung antara pemerintah pusat dengan pemda untuk mencari solusi.

"Kalau saya bicara begini nanti ada yang marah, tapi saya katakan, produk kita banyak, dan jangan malu untuk berdiskusi karena dari mereka kita mendapat solusi," pungkas dia.


(AHL)