Pengembangan Merek Nasional Perlu Dukungan Pemerintah

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 20 May 2015 15:45 WIB
harkitnas
Pengembangan Merek Nasional Perlu Dukungan Pemerintah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaku penguatan merek nasional adalah para swasta pelaku usaha. Tetapi peran pemerintah tak bisa dilupakan sebagai pembuat kebijakan politis dan payung hukumnya.

Salah satu kebijakan politis dan payung hukum yang perlu bagi penguatan merek nasional adalah kemudahan berproduksi serta akses pasar. Minimal ke pasar dalam negeri agar dapat bersaing dengan produk import.

"Kita harus mencontoh Korea Selatan yang rakyatnya memberi kesempatan emas bagi merek hebat bagi produk dalam negeri mengembangkan diri dan menjadi merek global. Caranya dengan membeli dan memakainya," ujar pakar marketing dari Inventure, Yuswohady.

Di dalam acara Indonesia Brand Forum (IBF) 2015 di Balai Kartini, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (20/5/2015), dia ingatkan bahwa pilihan menggunakan produk dalam negeri adalah ujud nasionalisme konsumen. Di dalam konteks inilah pemerintah sangat berkepentingan. 

Di sisi lain pelaku usaha jangan lantas menggantungkan diri sepenuhnya kepada fasilits pemerintah. Adanya fasilitas itu justru harus dimanfaatkan untuk melakukan inofasi sehingga produk-produk mereka pantas dibeli konsumen karena mampu bersaing dengan produk import.

Bangsa Indonesia juga harus berjuang mewujudkan kemerdekaan merek Indonesia dengan menetapkan merek-merek lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Serta membangun daya saing merek lokal sehingha sejajar bahkan melebihi kekuatan merek global.

"Membangun daya saing merek lokal bukan memusuhi perusahaan dan merek global. Tapi cerdas bersinergi dam berkolaborasi dengan mereka karena mereka yang memiliki modal, teknologi, manajemen dan SDM berkelas dunia," pungkasnya.
 


(LHE)