ZTE Perkirakan Teknologi 5G akan Hadir di Indonesia Tahun 2022

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 20 May 2015 16:25 WIB
zte
ZTE Perkirakan Teknologi 5G akan Hadir di Indonesia Tahun 2022
Teknologi 5G akan menghadirkan kecepatan 100 kali lebih cepat dari 4G

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain mengungkapkan rencananya untuk memboyong teknologi pre-5G ke Indonesia tahun depan, ZTE juga berbicara banyak soal teknologi jaringan 5G dan potensinya di Indonesia.

Pada sela-sela acara Telecom Asia Awards yang diselenggarakan pada hari ini, Rabu (20/5/2015) di Jakarta, ZTE mengatakan bahwa kota-kota besar di Indonesia memiliki potensi yang cukup baik untuk dijadikan sebagai wilayah dengan jaringan 5G.

"Teknologi 5G memang masih cukup jauh, namun kami melihat bahwa Indonesia memiliki potensi untuk menikmati teknologi tersebut, terutama di kota-kota besarnya seperti di Jakarta," ujar David An, CTO ZTE untuk wilayah Asia Pasifik.

David juga mengatakan bahwa Indonesia memiliki pertumbuhan pendapatan per-kapita yang sangat baik, serta memiliki tingkat penetrasi perangkat mobile yang besar. Kedua hal tersebut merupakan nilai plus bagi para operator jaringan untuk dapat menghadirkan teknologi jaringan yang lebih baik.

Berdasarkan kedua faktor tersebut, David memperkirakan bahwa teknologi 5G akan hadir di kota besar Indonesia pada tahun 2022 mendatang.

Teknologi 5G merupakan teknologi jaringan terbaru yang saat ini tengah dikembangkan. Teknologi tersebut memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan teknologi 4G, yaitu memiliki kecepatan data hingga 100 kali lebih kencang, memiliki kapasitas penampungan pemakai hingga 1.000 kali lebih banyak, dan memiliki latency atau hambatan data yang lebih kecil, yaitu hingga 1-5ms.

Teknologi 5G rencananya akan diuji coba pada saat pagelaran Olimpiade Musim Dingin 2018 mendatang di Pyeongchang, Korea Selatan. Sedangkan versi komersilnya akan diluncurkan di Tokyo, Jepang, pada tahun 2020 oleh Docomo.


(ABE)