Lapor Pajak Fiktif, Direktur & Karyawan Dijebloskan ke Penjara

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 20 May 2015 17:01 WIB
pajak
Lapor Pajak Fiktif, Direktur & Karyawan Dijebloskan ke Penjara
Ilustrasi penjara, ANTARA FOTO/Suryanto

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sleman menjatuhkan vonis atas perkara pajak CV "TP" dengan terdakwa berinisial ASW dan LHK. CV TP merupakan distributor bahan makanan yang berdomisili di Yogyakarta.

Dalam keterangan resmi, Rabu 20 Mei, Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak, Mekar Satria Utama menjelaskan sidang pembacaan putusan atas nama terdakwa ASW, karyawan CV TP, dilakukan pada Selasa, 12 Mei 2015 di Pengadilan Negeri Sleman dengan putusan pidana selama satu tahun dengan masa percobaan dua tahun.

"Pembacaan putusan atas nama terdakwa LHK, Direktur CV TP, dilakukan hari ini di Pengadilan Negeri Sleman dengan putusan pidana selama satu tahun dan denda sebesar Rp468.500.000 dengan masa percobaan dua tahun," kata Toto, sapaan akrab Mekar.

Kasus pajak CV TP terkait Surat Pemberitahuan Tahunan 2009 dan 2010, di mana CV TP secara sengaja telah melanggar  Undang Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 Pasal 39 ayat (1) huruf c, huruf d dan huruf i.

UU tersebut berisi, yaitu dengan sengaja tidak menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT), menyampaikan Surat Pemberitahuan dan/atau keterangan yang isinya tidak benar atau tidak lengkap dan tidak menyetorkan pajak yang telah dipotong atau dipungut.

"Perbuatan para terdakwa tersebut mengakibatkan kerugian pada pendapatan negara sekitar Rp2,5 miliar," pungkasnya.


(AHL)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

2 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA