Mengintip Keindahan Gua Kristal di Kupang

Dwi Ayu Rochani    •    Rabu, 20 May 2015 17:23 WIB
wisata
Mengintip Keindahan Gua Kristal di Kupang
Gua Kristal di Kupang. (Foto:Culturnesia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika dalam waktu dekat ini Anda berencana berkunjung ke Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini. Namanya Gua Kristal. Dari namanya saja, pasti Anda penasaran akan tempat ini.

Gua Kristal yang berlokasi di Bolok, Kecamatan Kupang Barat, di dekat Pos Polisi Air Pelabuhan Bolok ini bisa dikatakan unik. Karena di dasar gua yang berbentuk vertikal terdapat kolam renang alami berwarna biru jernih seluas kurang lebih 30 meter persegi. Airnya yang sangat jernih membuat bebatuan yang berada di dasar gua ini dapat terlihat dengan jelas.

Tempat ini berjarak sekitar 20 km dari Kupang atau sekitar 45 menit berkendara. Sesampainya di Pos Polisi Air Pelabuhan Bolok, Anda perlu berjalan kaki menyusuri semak-semak dan pohon-pohon kering sekitar 100 meter, sampai akhirnya berada di mulut gua.

Untuk berkunjung kesana, ada baiknya Anda datang pada siang hari karena sinar matahari yang menerobos masuk akan menyinari air di dalam gua dan membuat pantulannya berkilau seperti kristal. Jika Anda penasaran ingin mencapai kolam air tersebut, Anda perlu menuruni bebatuan licin sekitar 20 meter dari mulut gua. Jangan lupa membawa head lamp untuk menyusuri gua.

Disarankan, Anda juga dapat menyewa pemandu wisata lokal atau mencari supir yang sudah sering mengantar ke tempat ini. Pasalnya, warga lokal pun jarang mengetahui tepat keberadaan lokasi Gua Kristal ini. Ditambah lagi, tidak terdapat papan petunjuk di sekitar lokasi gua ini sehingga sering membingungkan wisatawan yang datang.

Jadi, yang penasaran dengan wisata Kota Kupang, Gua Kristal ini bisa menjadi tambahan daftar tujuan Anda ketika berlibur. Selamat berpetualang. (NTT Hidden Paradise)


(LOV)