Komisioner Bawaslu Jatim Jadi Tersangka, Tamu Kecewa

Amaluddin    •    Rabu, 20 May 2015 19:58 WIB
kasus korupsi
Komisioner Bawaslu Jatim Jadi Tersangka, Tamu Kecewa
Kantor Bawaslu Jatim, Ant/ M Risyal Hidayat

Metrotvnews.com, Surabaya: Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslyu) Jawa Timur (Jatim) sepi. Sementara enam komisionernya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah pilgub Jatim tahun 2013.

Dari pantauan Metrotvnews.com, Rabu 20 Mei, tak ada aktivitas apapun di kantor Bawaslu Jatim di Jalan Tanggulangin, Surabaya, Rabu 20 Mei. Hanya ada beberapa staf dan seorang petugas keamanan hilir mudik di bangunan bercat dominasi putih tersebut.

Suasana di Kantor Bawaslu berbeda. Sebelumnya, keramaian dan canda tawa terasa dari dalam bangunan.

Kini, bangunan itu sepi. Beberapa tamu yang datang untuk bertamu komisioner pun mengurungkan agenda mereka. Para tamu kecewa karena tak menemukan satu pun komisioner Bawaslu.

"Sepi mas, pejabatnya enggak ada semua. Mungkin kecapean, sehingga tidak masuk kantor," kata Silvester Sabontaka, salah seorang petugas keamanan Bawaslu kepada seorang tamu.

Enam komisioner Bawaslu Jatim telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Subdit Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim setelah menangani kasus dugaan korupsi dana hibah Pilgub Jatim Tahun 2013. Penyidik sudah memeriksa 87 saksi termasuk dari Panwaslu seluruh kabupaten dan kota se Jawa Timur.

Setelah mendapatkan hasil audit dari BPKP, ada nilai kerugian negara sebesar Rp 5,6 miliar, penyidik polda menetapkan 6 orang sebagai tersangka yakni SU-Ketua Bawaslu Jatim, SSP-komisioner bawaslu, AP-komisioner. AMR-sekretaris bawaslu. GSW-bendahara bawaslu dan IDY-rekanan penyedia barang/jasa.


(RRN)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

16 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA