Berpuluh-puluh Tahun, Warga Dusun Mranggi Brebes Dilanda Krisis Air Bersih

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 20 May 2015 20:01 WIB
air bersih
Berpuluh-puluh Tahun, Warga Dusun Mranggi Brebes Dilanda Krisis Air Bersih
Warga melewati sebuah sungai yang mengering di Dusun Mranggi Brebes, Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Krisis air bersih melanda warga Dusun Mranggi, Desa Pepedan, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sebanyak 76 warganya hidup dengan kondisi sulit mendapatkan air bersih sejak puluhan tahun.

"Dusun ini belum ada sekolah, air bersih juga tidak ada saat musim kemarau, warganya banyak yang miskin, belum ada  dukungan dana APBD selain dana ADD saja," ujar Kepala Desa Pepedan Syaiful Huda di ruang kerjanya, Rabu (20/05/2015).

Tauhid, seorang warga, pun mengakui hal serupa. Kekeringan terjadi sepanjang tahun, utamanya musim kemarau.

Saat hujan turun, mereka menggunakan air sungai Kalipedes. Saat kemarau datang, sungai mengering. Mereka terpaksa membuat lubang di pinggiran sungai. Mereka lalu menggunakan air dari lubang itu untuk kebutuhan sehari-hari.

Tapi, itu bukan solusi jangka panjang. Sebab air dari lubang itu tak mencukup kebutuhan warga. Jadi mereka membutuhkan bantuan pemerintah untuk menyediakan air bersih.

Tak hanya itu, kata Syaiful, warga juga membutuhkan pelayanan kesehatan. Sementara aliran listrik masuk ke desa sejak 2014 lalu.

Di lain tempat, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, mengaku belum mendapat laporan terkait kondisi di Dukuh Mranggi. Namun pihaknya akan segera mengecek untuk membantu warga.

"Nanti akan kita survei kondisi di sana, karena sampai hari ini belum ada laporan," ujar Djoko saat dihubungi Metrotvnews.com.

 


(RRN)

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

3 hours Ago

Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik Andi Narogong hari ini kembali diperiksa KP…

BERITA LAINNYA