Ide Nyeleneh Ahok Basmi Tikus Balai Kota

Wanda Indana    •    Rabu, 20 May 2015 20:02 WIB
dki jakarta
Ide Nyeleneh Ahok Basmi Tikus Balai Kota
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama--MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan dana Rp200 juta untuk mengusir tikus dari gedung Blok G Balai Kota. Serangan hewan pengerat itu diketahui setelah Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat melakukan sidak ke sejumlah ruangan.

Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengaku heran dengan anggaran besar untuk perawatan gedung Balai Kota. "Aku enggak jelas (soal) itu, tanya sama bagian umum deh," ujar Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengaku belum mengetahui insiden tikus yang bahkan melukai salah satu pegawainya. Alih-alih menggunakan anggaran besar untuk mengusir secara dengan cara konvensional, Ahok justru berpikir sedikit nyeleneh.

Membeli kucing dengan jumlah besar.

"Kita beli kucing saja yang banyak. Kita anggarkan buat beli kucing," tandasnya.

Sebelumnya, salah satu Kepala Sub Bagian di Biro Umum DKI Jakarta bernama Bety menjadi korban serangan tikus. Dia harus merelakan jempol kakinya digigit oleh hewan pengerat itu hingga berdarah.

Kepala Biro Umum Agustino Darmawan mengakui sudah lama banyak tikus berkeliaran di sudut-sudut bangunan Balai Kota. Agustino menyebut banyak tikus berliaran lantaran petugas kebersihan di Balai Kota kerab menyimpan makanan di gudang. 

"Tahu enggak kenapa banyak tikus? Itu karena banyak cleaning service yang menyimpan makanan di gudang. Rumah susun banyak yang kotor juga gitu, taruh sampah makanan sembarangan," tutur Agustino.


(SUR)