Besok, Presiden Jokowi Bagikan Kartu Sakti di Jatim

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 20 May 2015 20:40 WIB
kartu sakti jokowi
Besok, Presiden Jokowi Bagikan Kartu Sakti di Jatim
Jokowi bersalaman dengan warga---Ant/Siswodidodo

Metrotvnews.com, Malang: Presiden Jokowi berencana membagikan tiga kartu sakti di daerah Jawa Timur, Kamis 21 Mei. Tiga kartu sakti merupakan program bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang terdiri dari Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Rencananya, ada tiga desa dan satu pesantren di Jawa Timur yang menjadi tujuan Presiden Jokowi untuk membagikan kartu sakti. Desa pertama adalah Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Di desa itu, Jokowi akan membagikan KKS sebanyak 872 buah, KIP sebanyak 742 buah, dan KIS sebanyak 2.614 buah.

Kemudian Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jokowi akan membagikan KKS sebanyak 196 buah, KIP sebanyak 231 buah dan KIS sebanyak 704 buah.

Terakhir di Desa Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, akan kebagian KKS sebanyak 600 buah, KIP sebanyak 1.295 buah dan KIS sebanyak 3.075

Adapun pesantren yang dimaksud adalah Pondok Pesantren Bahrul Magfiroh di Desa Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Di ponpes ini akan dibagikan KKS sebanyak 17 buah, KIP sebanyak 5.046 buah dan KIS sebanyak 5.082 buah.

Presiden Jokowi juga akan kembali membagikan dana asistensi sosial untuk masyarakat dengan tipe cacat berat. Diketahui terdapat 23 orang penerima dari Kota Malang, tga penerima berasal dari Kota Batu, serta 13 lainnya dari Kabupaten Malang.

Adapun dalam pembagian kartu ini, presiden dijadwalkan didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani serta Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.


(TII)