Direksi Pertamina Diminta Waspadai Mafia Migas

Ilham wibowo    •    Rabu, 20 May 2015 20:43 WIB
petral
Direksi Pertamina Diminta Waspadai Mafia Migas
Mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Faisal Basri -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) Faisal Basri meminta direksi PT Pertamina (Persero) mewaspadai keberadaan mafia migas.

"Saya berharap kepada teman-teman di Pertamina untuk waspada karena mafia ini kerjanya untuk mengkooptasi penegak hukum dan mengkooptasi pembuat kebijakan," kata  Faisal Basri, dalam acara Prime Time News Metro TV, di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Dia pun meyakini jika para mafia migas ini sudah masuk ke dalam relung-relung kekuasaan. Selama ini juga ada di relung-relung penegak hukum dan juga ada di dalam tubuh Pertamina.

"Oleh karena itu Pertamina saya yakin ketika dengan kepemimpinan Pak Dwi Soetjipto melakukan pembenahan atau pembersihan yang tuntas," pungkasnya.

Sekadar informasi, sebelumnya Faisal menyebutkan pembubaran Petral tak menghentikan permainan para mafia migas. Dia menilai, mereka masih bisa bernapas bebas.

"Mafia tetap jalan terus. Kita bentuk yang lain, mereka terus jalan," kata Faisal, dalam diskusi di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu

Dia menjelaskan, pembubaran Petral bagai membakar sarang tawon. Sang tawon masih tetap bisa hidup dengan pindah ke sarang lainnya. Kelakuan itu, jelas dia, juga ada para mafia migas.

Selama pengkajian terhadap Petral, kata dia, timnya menemukan fakta-fakta yang mencengangkan. Pasalnya, kata dia, permainan para mafia migas sudah sampai ke lembaga negara lainnya.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA