Shout Box, Bilik Kecil untuk Apirasi Besar

Aulia I. Salam    •    Rabu, 20 May 2015 21:06 WIB
mata najwa
Shout Box, Bilik Kecil untuk Apirasi Besar
foto: Aulia

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebuah bilik berdinding akrilik tembus pandang menarik perhatian ratusan orang yang berkumpul di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Di dalamnya nampak ada meja kecil dengan sebuah mike, kamera kecil dan layar monitor 14".

Silih berganti pria dan wanita masuk bilik lalu komat-kamit di dalamnya. Saat keluar bilik di wajahnya terlihat senyuman lebar, ada mengaku lega tapi ada juga yang mengaku belum puas.

Salah seorang di antaranya adalah Gurindra Budi Prasetyo. "Tadi saya sampaikan harapan agar korupsi diberantas, dana pendidikan dimanfaatkan bagi yang membutuhkan," ujarnya.

Tidak keliru bila mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi UNY menyampaikan harapannya yang besar itu dalam bilik kecil itu. Bilik itu namanya Shout Box, tempat untuk mencurahkan aspirasi dan ide-ide untuk Indonesia yang lebih baik.

"Karena yang membuat Indonesia nggak maju–maju karena lemahnya pendidikan,” sambung Budi berapi-api.

Lain lagi aspirasi Yudha Ari Winandha. Aspirasi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi ini adalah pemerintah tidak melulu melakukan pembangunan fisik, namun juga sosial dan budaya.

"Jadi walau kita menerima modernisasi namun kearifan local dan kekayaan budaya Indonesia tetap terjaga," ujarnya dalam logat Jawa yang kental.

 


(LHE)