Minum 3 Cangkir Kopi Bisa Kurangi Risiko Penyumbatan Arteri

   •    Kamis, 21 May 2015 12:44 WIB
kesehatankopi
Minum 3 Cangkir Kopi Bisa Kurangi Risiko Penyumbatan Arteri
Kopi bisa hambat risiko serangan jantung. (Foto:Dailymail.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: terlalu banyak meminum kopi memang tidak baik bagi tubuh. Namun, dengan meminum tiga sampai lima cangkir kopi setiap harinya, dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung.

Seperti dilansir Daily Mail, peneliti telah menemukan mereka yang minum kopi dalam jumlah sedang setiap harinya paling mungkin terkena kalsium koroner di arteri, indikator awal penyakit kardiovaskular (CVD)

Para ilmuan telah mempelajari sekelompok pria dan wanita Korea, kurang lebih 25.000 yang rata-rata berusia 41 tahun yang mengonsumsi kopi, tidak memiliki tanda-tanda penyakit jantung.

Temuan mereka menunjukkan rasio kalsium yang 0,77 untuk orang-orang yang memiliki kurang dari satu cangkir kopi per hari, 0,66 untuk mereka yang minum satu sampai tiga cangkir kopi, dan 0,59 bagi mereka yang mengkonsumsi 3-5 cangkir kopi per harinya.

Penelitian yang dipimpin oleh Rumah Sakit Samsung Kangbuk di Seoul, Korea Selatan, diterbitkan oleh jurnal Jantung, menyimpulkan, studi menambah semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi kopi mungkin terbalik jika dikaitkan dengan risiko CVD (penyakit jantung)

Akan tetapi, mereka juga menambahkan untuk mengonfirmasi temuan ini lebih lanjut agar bisa membangun dasar biologis potensi efek pencegahan kopi pada penyakit arteri koroner. (Sumarni)



(LOV)

KPK Diminta Segera Ungkap Nama Besar di Belakang Novanto

KPK Diminta Segera Ungkap Nama Besar di Belakang Novanto

2 hours Ago

Setelah vonis 15 tahun terhadap Setya Novanto diketuk, KPK diminta untuk segera mengungkap nama…

BERITA LAINNYA