OJK Bengkulu Perkenalkan Obligasi Daerah Dukung Percepatan Pembangunan

Antara    •    Kamis, 21 May 2015 13:43 WIB
ojk
OJK Bengkulu Perkenalkan Obligasi Daerah Dukung Percepatan Pembangunan
OJK (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Bengkulu: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Provinsi Bengkulu segera memperkenalkan sumber pembiayaan baru bagi pemerintah provinsi berupa obligasi daerah. Dengan ini, diharapkan bisa memberi stimulus terhadap pertumbuhan pembangunan di berbagai bidang.

"Ini bisa menjadi sumber pembiayaan jangka panjang bagi pemerintah daerah, dan pemerintah provinsi bisa melakukan percepatan pembangunan di berbagai sektor dengan memanfaatkan sumber pembiayaan ini," kata Kepala OJK Provinsi Bengkulu Fauzi Nugroho, di Bengkulu, Kamis (21/5/2015).

Fauzi menjelaskan, obligasi daerah akan diperkenalkan melalui kegiatan Pasar Keuangan Rakyat (PKR) yang akan diselenggarakan pada awal semester II-2015. "Kita sedang merancang PKR, dan obligasi daerah akan kita launching saat itu. OJK akan ajak gubernur agar bisa memanfaatkan obligasi daerah untuk membiayai pembangunan," kata dia.

Obligasi daerah merupakan surat utang atau pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah daerah dengan jangka waktu tertentu. Obligasi itu dapat diperjualbelikan guna menarik atau menghimpun dana dari masyarakat.

"Dari sini pemerintah mendapatkan kelonggaran penganggaran untuk membiayai pembangunan, dan masyarakat juga mendapatkan keuntungan dengan membeli obligasi tersebut," ujarnya.

Setelah OJK memperkenalkan obligasi daerah kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu, tidak serta merta pemerintah setempat bisa menerbitkan surat utang tersebut. Ada tahapan untuk pemerintah daerah bisa menerbitkan obligasi daerah. Tahapan pertama, tim verifikasi akan menghitung kesanggupan daerah untuk membayar kembali dari obligasi yang diterbitkan.

"Kami akan melihat unsur apa yang bisa menjadi pengembalian ke masyarakat yang membeli surat utang, setelah itu baru ditentukan layak atau tidaknya. Dari hasil verifikasi nanti akan diketahui berapa surat utang yang boleh diterbitkan oleh pemerintah daerah," ucapnya.

Di Indonesia, ungkap Fauzi, baru ada dua provinsi yang akan meluncurkan obligasi daerah, yakni Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur. "Kalau Bengkulu juga mengikuti jejak langkah dua provinsi itu, maka Bengkulu merupakan leader di Pulau Sumatera," pungkasnya.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA