Ahli Tegaskan Jaksa Sah Bisa Jadi Penyidik di KPK

Arga sumantri    •    Kamis, 21 May 2015 14:28 WIB
praperadilan
Ahli Tegaskan Jaksa Sah Bisa Jadi Penyidik di KPK
Hadi Poernomo---MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota tim perancang Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi, Anak Agung Oka Mahendra menyebut jaksa yang bertugas di KPK sah bila ditugaskan menjadi penyidik. Sebab, penugasan berada di bawah pimpinan KPK.

"Yang berwenang yang melegitimasi seseorang bisa jadi penyelidik dan penyidik adalah SK pengangkatan dari KPK. UU KPK menyebut penyelidik, penyidik dan penuntut umum diangkat oleh KPK," kata Oka saat menjadi saksi ahli dalam sidang praperadilan Hadi Poernomo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (21/5/2015).

Argumen Oka ini untuk menampik gugatan kubu Hadi Poernomo yang mempermasalahkan jaksa tak berwenang menjadi penyidik. Gugatan tersebut diajukan lantaran Hadi tak terima dijadikan tersangka.

Oka Mahendra mengacu pada Pasal 43 dan 45 UU KPK tentang kewenangan penyidik dan penyelidik pada KPK. Menurut dia, yang menjadi penyidik dan penyelidik pada KPK adalah penyidik dan penyelidik yang diangkat oleh KPK.

Sidang kali ini menghadirkan lima ahli dan tiga saksi fakta. Kesemuanya didengarkan keterangannya sebagai dasar buat majelis hakim Haswandi memutuskan gugatan Hadi.

KPK sebelumnya juga sudah menyanggah alasan Hadi Poernomo mengajukan gugatan dalam sidang praperadilan. Menurut tim kuasa hukum KPK, alasan yang dijabarkan mantan Dirjen Pajak itu mengada-ngada. Hadi menyebut kasus keberatan pajak bukan wewenang KPK.
 


(TII)