Review Smartphone

BenQ B502, Ponsel Tipis untuk Kaum Hawa

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 21 May 2015 16:16 WIB
review gadget
BenQ B502, Ponsel Tipis untuk Kaum Hawa
Tampilan dari BenQ B502.

Metrotvnews.com: Persaingan di pasar ponsel pintar semakin ketat dan melibatkan banyak pemain . Karena itu, tak jarang sebuah perusahaan meluncurkan ponsel dengan target pasar yang sangat spesifik.

BenQ, misalnya, berusaha untuk masuk ke dalam pasar Indonesia dengan meluncurkan BenQ B502. Saat meluncurkannya di Jakarta, BenQ menegaskan, ponsel ini ditujukan untuk kalangan wanita yang gemar untuk mengambil selfie dan sangat peduli pada penampilan mereka.
 

Desain

Dari segi desain, tak ada yang khusus dari BenQ B502. Ia tampil dengan layar HD selebar 5-inci. Tombol power dan volume ada pada bagian kanan agak ke atas. Lubang untuk charger di bagian bawah tengah dan untuk headset pada bagian kiri atas.

BenQ B502 memiliki speaker di bagian belakang yang terletak kanan bawah. Satu-satunya hal yang saya rasa unik mengenai ponsel ini adalah bodinya yang tipis dan ringan.



Saat peluncuran BenQ B502, Eko Handoko Wijaya, Country General Manager BenQ untuk Indonesia mengatakan bahwa ponsel ini memang sengaja didesain agar memiliki bodi tipis, sehingga ia dapat dimasukkan ke dalam kantong celana, bahkan jika sang pengguna menggunakan jeans ketat. Harus saya akui bahwa perkataan Eko ada benarnya.



Bodi BenQ B502 yang tipis berarti saya dapat memasukkannya ke dalam saku celana, tak peduli jenis celana yang saya pakai. Ia juga memiliki bodi yang sangat ringan, sehingga tetap nyaman digunakan dalam waktu lama.

Sayangnya, bodi BenQ B502 kurang nyaman digenggam karena berbahan plastik yang licin. Sehingga, bahkan jika saya memegang ponsel ini dengan 2 tangan, ia masih sering terlepas dari genggaman.

Selain itu, saat pertama kali melihatnya, saya tak melihat desain khusus untuk kaum hawa. Pilihan warnya juga cuma hitam dan putih, warna yang terbilang netral.
 

Software & antarmuka

BenQ berusaha untuk membuat B502 tampil menonjol dengan menyisipkan beberapa aplikasi khusus selfie dan makeup, seperti YouCam Perfect dan YouCam Makeup. Meski aplikasi ini terbilang penting bagi perempuan – dengan YouCam Perfect Anda dapat secara langsung mengedit foto dan membuat diri terlihat seolah-olah Anda telah mengenakan makeup bahkan saat Anda tidak menggunakan makeup, sementara YouCam Makeup akan membantu Anda untuk menggunakan makeup – tetapi keduanya bukanlah aplikasi eksklusif.

Dengan kata lain, bahkan jika Anda membeli ponsel lain sekali pun, Anda dapat dengan mudah mengunduh keduanya di Play Store, gratis.

Memang, BenQ juga menambahkan beberapa aplikasi khusus, seperti Qmemo, QMoney, QissMusic, PiQture, QSora, Qloud Media, QissPaper, dan QiSS Day. Beberapa aplikasi ini cukup berguna, seperti Qmemo untuk membuat memo sederhana dan QMoney yang dapat mencatat keluar masuknya uang Anda.

Tetapi beberapa aplikasi lainnya terasa mubazir, seperti QiSS Day yang memiliki fungsi yang sama dengan Calendar dan QissMusic yang sama seperti Play Music dari Google.

Antarmuka B502 adalah Q Home UI buatan BenQ. Tampilannya tak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan UI buatan perusahaan lain. Satu-satunya hal yang sedikit berbeda dari UI lain adalah karena ia memisahkan bagian untuk widget dan aplikasi.

Jika Anda sapu layar ke kiri, Anda akan menemukan widget, sementara jika Anda sapu ke kanan, Anda akan menemukan aplikasi. Walau tentu saja, Anda masih bisa mengubah posisi aplikasi dan widget sesuai keinginan Anda.

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di samping, aplikasi YouCam Perfect memungkinkan Anda untuk mengoleskan "makeup" pada foto Anda. Perubahan yang dapat Anda lakukan cukup banyak, mulai dari mengoleskan blush-on, lipstick, foundation hingga melebarkan mata dan memutihkan gigi. Jika Anda mengambil foto berdiri, Anda bahkan dapat memanipulasi proporsi leher, badan dan kaki Anda sehingga Anda dapat terlihat lebih tinggi.

Pada YouCam Perfect, Anda juga dapat menambahkan bingkai pada foto atau membuat kolase. Walau tentu saja pilihan yang ada tidak sebanyak aplikasi yang memang ditujukan khusus untuk pembuatan kolase foto.

Sementara aplikasi YouCam Makeup memungkinkan Anda melakukan perubahan pada foto Anda, walau tidak sedetail pada YouCam Perfect. Tetapi dalam aplikasi ini, Anda juga dapat menonton video mengenai tips mengenai bagaimana cara menggunakan makeup atau bahkan makeup seperti apa yang cocok untuk digunakan saat Anda pergi ke satu acara.

Saya melakukan sedikit eksperimen dengan aplikasi ini. Saya mencoba untuk menggunakan eyeliner, lipstick dan foundation berwarna gelap.

Inilah hasilnya. Sebelah kiri adalah foto tanpa pengubahan menggunakan aplikasi YouCam Perfect dan di sebelah kanan adalah hasil foto setelah diedit.


 

Kamera & video

BenQ B502 memiliki kamera kamera belakang 13MP. Saat mengambil gambar di ruangan terbuka saat matahari bersinar terang, gambar yang dihasilkan terlihat tajam. Meski ia tetap menemui masalah yang biasa ditemui pada kamera ponsel saat digunakan untuk mengambil foto di malam hari, yaitu gambar menjadi terlihat agak kabur.

Hasil foto di siang hari dengan kamera belakang.



Hasil gambar dengan kamera belakang di malam hari.



Sementara untuk selfie, BenQ B502 memiliki kamera depan 5MP, yang memang menghasilkan gambar yang cukup bagus saat pencahayaan cukup. Sayangnya, saat pencahayaan kurang, maka gambar yang dihasilkan pun kurang maksimal.

Foto menggunakan kamera depan di siang hari.



BenQ melengkapi B502 dengan berbagai aplikasi untuk mengedit foto. Selain YouCam Perfect, ponsel ini juga dilengkapi dengan Photo Editor. Bagi Anda yang memang suka mengutak-atik foto, aplikasi ini akan sangat berguna. Sementara untuk video, B502 dapat mereka video dengan resolusi 1280x720 p.
 

Performa & baterai

BenQ B502 hadir dalam 2 varian. Varian dengan RAM 1GB dan varian dengan RAM 2GB. Kali ini, saya berkesempatan untuk mencoba varian 2GB. Dengan prosesor MediaTek MT6582 1,3 GHz empat inti dan RAM 2GB, performa BenQ B502 tak buruk.

KADANG, SAAT MENJELAJAH INTERNET MENGGUNAKAN CHROME, PROSES SCROLL DOWN AGAK TERSENDAT


Saya tetap dapat menggunakan beberapa aplikasi pada saat yang bersamaan. Saya juga dapat memainkan game Asphalt 8: Airborne, game yang biasa kami jadikan untuk menguji performa ponsel, dengan cukup lancar walau hanya dengan pengaturan grafis medium. Meskipun begitu, kadang-kadang, saat saya menjelajah internet menggunakan Chrome, proses scroll down agak tersendat.

Dan inilah hasil benchmark B502 menggunakan 3D Mark.





Layar BenQ terlihat cukup tajam saat digunakan di dalam ruangan. Tetapi begitu saya menggunakannya di bawah terik matahari, saya merasa sedikit kesulitan untuk melihat apa yang terpampang pada layar, bahkan setelah saya memaksimalkan tingkat kecerahan layar.

Baterai dari B502 terbilang cukup kecil, hanya 1.800 mAh. Tetapi mengingat bodinya yang tipis, ini adalah hal yang wajar. Saat saya menguji daya baterai dengan PCMark, baterai ponsel ini hanya dapat bertahan selama 4 jam 46 menit.

PERFORMA LAYARNYA DI LUAR RUANGAN TIDAK TERLALU BAGUS


Saat memakai, saya juga merasa daya baterai dengan cepat terkuras. Dalam waktu 30 menit, daya baterai berkurang sebanyak 14 persen saat ponsel digunakan untuk menonton video. Untungnya, bagian belakang ponsel ini tidak terasa panas, bahkan setelah digunakan untuk waktu yang lama, kecuali bagian atas dekat kamera, yang akan terasa hangat jika Anda menggunakannya untuk bermain selama beberapa waktu.

Inilah hasil benchmark baterai dan performa dengan PCMark.


Kesimpulan

BenQ B502 merupakan ponsel golongan menengah. Spesifikasinya sebenarnya cukup masuk akal dengan harga yang ditawarkan. Sayangnya, belakangan semakin banyak vendor ponsel yang berani menjual ponsel dengan spesifikasi cukup tinggi dengan harga miring.

DI ERA 4G LTE SEKARANG INI, CUKUP DISAYANGKAN BENQ MELUNCURKAN PRODUK YANG TAK BISA MENGAKSES JARINGAN CEPAT ITU


Meski BenQ berusaha untuk menonjolkan diri dengan berbagai aplikasi untuk foto editing, tetapi aplikasi tersebut tetap dapat diunduh melalui Play Store gratis, sehingga B502 tidak terasa istimewa. Salah satu kelemahan utamanya adalah tidak bisa mengakses jaringan 4G LTE.
 
  BenQ B502
Prosesor MediaTek MT6582 1.3 GHz quad-core processor
RAM 2 GB
OS Android Kitkat (4.4.2);Q Home UI
Memori Internal 16 GB
Kamera 13 MP (belakang), 5 MP (depan)
Dimensi 144 x 69.7 x 6.99 mm
Bobot 125 gram
Baterai 1.800 mAh battery
Layar 5-inch HD1280 x 720, IPS wide viewing angle
Konektivitas GSM / GPRS / EDGE: 900 / 1800 / 1900 MHz
WCDMA / HSPA+: 900 / 2100 MHz
Up to 21 Mbps (download) / 5.76 Mbps (upload)
Harga Rp1.899.000
 

BenQ B502

 

7

  • Bodi tipis dan ringan
  • Kamera yang penuh fitur
  • Cukup banyak bloatware
  • Daya baterai rendah
  • Tak dilengkapi 4G LTE



(ABE)