Kubu Agung: Islah Khusus Sulit Tercapai

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 21 May 2015 15:06 WIB
golkar
Kubu Agung: Islah Khusus Sulit Tercapai
Ketua DPP Bidang Hukum Partai Golkar kubu Agung Laksono, Lauren Siburian. (Foto: Antara/Fanny Octavianus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Golkar kubu Agung Laksono menilai wacana islah khusus sangat baik agar Partai Golkar bisa tetap eksis dalam Pilkada serentak 2015. Namun, kemungkinan itu sangat sulit terjadi.
 
Ketua DPP Bidang Hukum Partai Golkar kubu Agung Laksono, Laurens Siburian mengatakan, pihaknya belum mencoba membuka pembicaraan terkait islah khusus dengan kubu Aburizal Bakrie. Ia pesimistis wacana itu dapat terwujud.

"Islah khusus hanya untuk pilkada, belum ada pembicaraan itu. Saya belum lihat apa mungkin dapatdilakukan apa tidak," kata Laurens di Hotel Novotel, Mangga Dua, Jakarta Utara, Kamis (21/5/2015).

Menurutnya, mewujudkan islah tidak bisa hanya merangkul masing-masing ketua umum. Namun, harus merangkul semua pengurus dari kedua kubu. Menurut Laurens, hal itu yang memberatkan Partai Golkar untuk menjalankan islah.

"Secara faktual sangat kecil (kemungkinan islah). Islah bukan hanya bergantung dari Ical sama Agung Laksono, bukan hanya tergantung mereka. Tapi tergantung pengikut mereka. Secara kenyataan itu yang sangat sulit dan berat," ujar dia.

Jalan satu-satunya, dengan mengajukan judicial review ke Mahkamah Agung (MA) terhadap PKPU Nomor 9 Tahun 2015 terkait pencalonan dalam Pilkada. Sebab, dalam aturan tersebut, KPU mengatur bahwa partai politik yang bersengketa harus ada putusan berkekuatan hukum tetap atau inkrah, atau islah.

Laurens berharap MA dapat memberikan keputusan secepatnya atas judicial review tersebut. "Kami akan ajukan secepatnya, dalam satu atau dua hari ini akan diajukan," kata dia.
 


(FZN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA