Waryono Karno Pernah Minta Anak Buahnya tak Sebut Nama Sutan

Renatha Swasty    •    Kamis, 21 May 2015 15:20 WIB
sutan bhatoegana
Waryono Karno Pernah Minta Anak Buahnya tak Sebut Nama Sutan
Sutan Bhatoegana. Foto: M Agung Rajasa/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Bekas Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno pernah meminta anak buahnya, mantan Kepala Biro Keuangan KESDM Didi Dwi Sutrisnohadi, supaya tak menyebut nama Sutan Bhatoegana di hadapan penyidik KPK. Tak cuma meminta merahasiakan nama Sutan, Didi diminta tak menyebut pimpinan Komisi VII DPR.

"Beliau sampaikan nasihat banyak saya lupa terus bilang jangan membawa bawa nama pimpinan (pimpinan Komisi VII)," kata Didi saat bersaksi dalam sidang lanjutan untuk terdakwa Sutan Bhatoegana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Pesan itu disampaikan Waryono sebelum Didi dipanggil penyidik KPK dan diperiksa sebagai saksi terkait korupsi Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

Usai Rudi ditangkap karena menerima suap, tak lama Didi dipanggil untuk bersaksi. Sebelum menghadap penyidik KPK ia mendatangi Waryono dan menyampaikan bahwa ia dipanggil penyidik KPK.

Dalam pertemuan itulah pesan agar tak menyebut nama Sutan dan pimpinan lain disampaikan. Tapi kepada Sutan, Didi tak bisa janji soal itu.  "Saya bilang aduh, nggak bisa menjanjikan kalau itu," kata Didi.

Dalam dakwaan diketahui Waryono Karno memberikan duit berjumlah USD140 ribu buat Sutan Bhatoegana. Duit diketahui berasal dari mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

Adapun uang diberikan supaya Sutan untuk mengawal rapat yang akan berlangsung antara Komisi VII DPR RI dan Kementerian ESDM perihal pembahasan penetapan asumsi makro APBNP 2013 minyak dan sub listrik dan pembahasan awal Rencana Kerja Kementerian/Lembaga RAPBNP 2013.


(KRI)