Faisal Basri: Swasta Tak Boleh Ikut Proyek Migas BUMD

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 21 May 2015 18:23 WIB
migas
Faisal Basri: Swasta Tak Boleh Ikut Proyek Migas BUMD
Ilustrasi. Reuters/Lucy Nicholson

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri mengatakan, pihaknya merekomendasikan pemerintah untuk melarang pihak swasta masuk dalam proyek migas yang dikerjakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Dia mengatakan bila swasta masuk ke dalam proyek BUMD nanti akan mengambil harapan kita terhadap hasil dari produksi migas. "BUMD tidak boleh ada swasta yang masuk dan akhirnya mengambil harapan kita," kata Faisal dalam diskusi 'Reforming Oil&Gas Governance towards Achieving National Goals' di The 39th Indonesia Petroleum Association Convention & Expo, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Dia menegaskan, mereka tidak boleh diganggu gugat dalam mengerjakan proyeknya. Karena menurutnya, saat ini banyak pihak swasta yang tanpa izin berusaha untuk masuk mengerjakan proyek migas yang dikerjakan BUMD.

Dia menyebutkan beberapa perusahaan yang mulai menyusup masuk ke dalam proyek migas. "BUMD harus kita pagari dengan benar," ucap dia.

Hal tersebut diperkuat dengan perkataan Komite Eksplorasi Nasional, Adang Bachtiar bahwa industri migas di Indonesia sering dirasa sulit berkembang karena banya kepentingan politik didalamnya. "Hambatannya politik, ada kepentingan-kepentingan politik tadi sudah disebut Faisal Basri," pungkas Andang.


(WID)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

16 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA