Optimalkan Pertumbuhan Ekonomi via Ekonomi Kreatif

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 21 May 2015 18:27 WIB
pertumbuhan ekonomi
Optimalkan Pertumbuhan Ekonomi via Ekonomi Kreatif
Ketua Perbanas Sigit Pramono (MI/M SOLEH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perhimpunan Bank-Bank Umum Nasional (Perbanas) menyatakan bahwa arah penyaluran kredit yang dilakukan oleh industri perbankan akan mengikuti ke mana fokus pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Kredit perbankan itu mengikuti ke mana tren perekonomian yang dijalankan pemerintah. Bukan kita banyak keluarkan kredit supaya tingkatkan perekonomian," ujar Ketua Umum Perbanas Sigit Pramono, di Plaza Senayan, Jalan Asia Afrika Nomor 8, Jakarta Pusat, Kamis (21/5/2015).

Dirinya menambahkan, bila pemerintah ingin membangun negeri ini, maka pemerintah bisa meniru negara tetangga seperti Singapura. Negeri Singa itu sudah tidak lagi berfokus kepada pengembangan yang berbasis pada sumber daya alam (SDA), tetapi sudah mengedepankan sektor jasa.

"Kalau kita mau bangun negeri ini basisnya harus ekonomi jasa, seperti Singapura yang kembangkan ekonomi yang tak berbasis sumber daya alam. Ekonomi yang harus dikembangkan sekarang itu ekonomi kreatif yang berbasis jasa," jelas dia.

Dengan mengembangkan ekonomi kreatif berbasis jasa tadi, Sigit berpandangan akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, meskipun Sigit meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya tumbuh sekira lima persen saja.

"Paling optimistis pertumbuhan ekonomi itu tumbuh lima persen," pungkasnya.


(ABD)