Dubes RI Masih Berharap Temukan Tiga WNI di Nepal

Fajar Nugraha    •    Kamis, 21 May 2015 18:28 WIB
gempa nepal
Dubes RI Masih Berharap Temukan Tiga WNI di Nepal
Dubes RI untuk Bangladesh dan Nepal Iwan Wiranataadmadja (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh dan Nepal Iwan Wiranataadmadja, terus berharap tiga warga negara Indonesia (WNI) yang hilang di Nepal masih bisa ditemukan.

Jeroen Hehuwat, Alma Parahita dan Kaden Andana hilang saat melakukan pendakian di Nepal. Ketika gempa berkekuatan 7,9 skala richter (SR) melanda, ketiganya berada di dalam guest house di Langtang. Wilayah Langtang merupakan daerah yang menjadi kena imbas paling parah akibat gempa.

Tetapi Dubes Iwan enggan untuk berspekulasi mengenai keberadaan ketiga WNI tersebut.

"Saya tidak dalam posisi mengatakan tidak ada harapan atau ada harapan. Mukjizat itu terjadi," ujar Dubes Iwan, di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri, Kamis (21/5/2015).

"Saya tidak bisa katakan dimana mereka. Kita hanya bisa rekonstruksi berdasarkan saksi-saksi pada saat itu tiga orang itu ada di Gunung Everest," lanjutnya.

Dubes Iwan memaparkan, sebagai orang awam dirinya melihat keberadaan daerah plato yang tadinya berada 20 guest house. Tapi akibat longsor, tempat itu jadi hilang.

Kini seluruh tim evakuasi WNI sudah kembali ke Tanah Air. Sementara proses pencarian terhadap ketiga WNI itu diserahkan kepada pihak Nepal yang memegang data ante mortem dari ketiga WNI.

Sejak kedatangan Tim Evakuasi pada 30 April 2015, Tim telah melakukan dua kali proses pencarian melalui udara ke Langtang. Sebelumnya, Tim Himalaya Experience telah melakukan sekitar sembilan kali pencarian lewat udara.

Proses pencarian masih terus dilakukan Angkatan Bersenjata Nepal, namun masih terkendala oleh kondisi dan medan di Langtang yang sangat sulit.
 


(FJR)