Tercanggih Keempat di Dunia, Terminal Teluk Lamong Bernilai Triliunan Rupiah

Amaluddin    •    Kamis, 21 May 2015 18:37 WIB
terminal petikemas
Tercanggih Keempat di Dunia, Terminal Teluk Lamong Bernilai Triliunan Rupiah
Salah satu area di Terminal Teluk Lamong, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Terminal Teluk Lamong di Surabaya, Jawa Timur. Nilai yang diinvestasikan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) pada terminal tersebut mencapai Rp4,65 triliun.

Agendanya, acara peresmian berlangsung pada Jumat (22/5/2015) besok. Lalu, apa keistimewaan Terminal Teluk Lamong dengan nilai investasi triliunan rupiah itu?

Terminal Teluk Lamong menempati lahan seluas 40 hektare (ha). Fungsinya untuk melayani petikemas domestik, international, dan curah kering standar pangan.  Rincian kapasitasnya, 500 ribu TEUs petikemas domestik, 1 Juta TEUs petikemas international dan curah Kering dengan kapasitas lima juta ton.

Fasilitas itu merupakan pelabuhan tercanggih nomor 4 di dunia, setelah Virginia (USA), Barcelona (Spanyol), dan Abu Dhabi (Timur Tengah). Artinya, fasilitas super canggih itu adalah yang pertama di Indonesia.

Alat-alatnya pun dianggap ramah lingkungan. Sebab, pengoperasiannya menggunakan tenaga listrik dan gas. Hanya beberapa alat yang masih menggunakan bahan bakar minyak dengan standar EURO 4.

"Alat-alatnya sebagian besar tidak ada operatornya. Alat ini dioperasikan melalui ruang kontrol dan sebagian besar operatornya perempuan. Ini meminimalisir risiko kecelakaan kerja," kata  Coorporate Scretary PT Pelindo III Yon Irawan, saat pra peresmian Revitaliasi Alur Pelayaran Barat Surabaya dan Terminal Teluk Lamong, Kamis (21/5/2015).

Yon mengatakan investasi pada fasilitas itu berasal dari dana internal perusahaan dan pinjaman modal. Satu bagian dari internal. Sisanya dari pinjaman obligasi internasional.

"Semua pinjaman kami sudah di setujui oleh pemerintah. Jadi pembangunan pelabuhan ini tanpa membebani uang negara," jelasnya.


(RRN)