Kasus HAM Diselesaikan, Jimly: Banyak Pejabat Risau

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 21 May 2015 18:54 WIB
ham
Kasus HAM Diselesaikan, Jimly: Banyak Pejabat Risau
Mantan Ketua MK Jimly Asshidiqie/MI/Atet Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah lembaga penegak hukum bersatu menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu.Namun, menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshidiqie, banyak mantan pejabat yang risau bila kasus pelanggaran HAM masa lalu diselesaikan.

"Selama ini persepsi akan ada pembalasan dendam dari korban terhadap para pelaku. Makanya banyak mantan pejabat kita risau dengan penyelesaian kasus ini," kata Jimly di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Kamis (21/5/2015).

Kerisauan para mantan pejabat yang tersangkut kasus pelanggaran HAM masa lalu, ujar dia, salah satunya karena banyak korban atau keluarga korban yang berdemo dengan mengekspresikan harapan seakan balas dendam. "Maka hal ini harus diluruskan," tegasnya.

Dia mengingatkan, para pegiat kasus HAM dan keluarga korban mesti diyakinkan bagaimana mekanisme penyelesaian kasus pelanggaran HAM masa lalu.

"Bagaimanapun penyelesaian kasus HAM masa lalu tidak bisa diselesaikan di atas meja. Kalau komite sudah terbentuk, semua keluarga korban akan didengarkan. Supaya masalah ini bisa cepat selesai," terangnya.

Sementara Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan, untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM masa lalu perlu ditempuh langkah non-yudisial. Pasalnya, para penyidik kesulitan mencari bukti dan saksi terkait kasus-kasus tersebut.

Pertemuan untuk kedua kalinya ini dihadiri Jaksa Agung HM Prasetyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Ketua Komnas HAM Nur Kholis, Perwakilan Kemenkumham dan TNI. Sementara Jimly didaulat sebagai Ketua Dewan Penasehat Komnas HAM Jimly Asshidiqie.


(OJE)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA