Lewat Album Baru, Kelompok Penerbang Roket Terjemahkan Arti Berengsek

Agustinus Shindu Alpito    •    Kamis, 21 May 2015 19:47 WIB
musik indonesia
Lewat Album Baru, Kelompok Penerbang Roket Terjemahkan Arti Berengsek
Foto: Kelompok Penerbang Roket / Decky Arrizal

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak ada yang lebih bengal dari sebuah band yang merilis singel di sebuah Lembaga Pemasyarakatan (LP). Itulah yang dilakukan Kelompok Penerbang Roket dalam peluncuran singel pertama mereka Mati Muda yang dilakukan di LP Cipinang.

Satu tahun berselang, tepatnya pada Sabtu (23/5/2015) mendatang, trio ugal-ugalan yang terdiri dari John Paul Patton, Rey Marshall dan Viki Vikranta akan merilis album mereka, Teriakan Bocah.

Peluncuran album ini layaknya sebuah hasrat yang terpendam. Sejak dibentuk pada 2012, band yang biasa disebut KPR ini telah memiliki materi album. Rumitnya lika-liku perjalanan KPR membuat mereka harus terus menunda peluncuran album hingga akhir pekan esok.

Teriakan Muda adalah satu dari dua album yang direncanakan akan dirilis oleh KPR. Satu album lainnya adalah sebuah album tribute untuk Panbers, yang dibuat lantaran band ini memenangkan hadiah rekaman dari kompetisi band yang diselenggarakan oleh produsen minuman beralkohol, Jack Daniels.

KPR sangat kental dengan musik rock era 1970-an. Musik yang terdengar mentah, ketukan drum yang cepat dan lirik yang beringas. 

Seperti semangat menderu yang mereka suarakan melalui musik, Teriakan Bocah pun seolah jadi kiasan dari konten album mereka. Mulai topik soal belenggu stigma penjara, kematian, mariyuana hingga identitas.

Dalam perjalanannya, KPR pun kerap diidentikkan sebagai sosok band "berengsek." 

“Ya itulah kami, Kelompok Penerbang Roket. Band berengsek. Bukan berarti harus kelihatan kayak Pete Doherty yang junkie terus main musik. Bukan itu. Tapi kami bisa melakukan sesuatu yang tidak semua orang bisa lakukan. Belum mengeluarkan album dan orang-orang belum tahu siapa kami saat itu, tapi bisa main dan mengeluarkan singel di penjara Cipinang. Itulah patokan keberengsekan buat kami,” kata mereka seperti tertulis dalam rilis pers yang Metrotvnews.com terima.


(AWP)

Pukat UGM: KPK Masih Bisa Jadikan Setnov Tersangka

Pukat UGM: KPK Masih Bisa Jadikan Setnov Tersangka

26 minutes Ago

Ini adalah salah satu hasil eksaminasi atau kajian atas putusan praperadilan Setnov yang dikabu…

BERITA LAINNYA