Basuki Perintahkan Perbaikan Akses ke Rusunawa Pinus Elok

- 04 Februari 2013 16:12 wib
<p><span class=Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama--ANTARA/Puspa Perwitasari/rj

" />

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama--ANTARA/Puspa Perwitasari/rj

Metrotvnews.com, Jakarta: Rumah susun sewa (Rusunawa) Pinus Elok di Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, sudah rampung dan siap pakai sejak beberapa tahun lalu. Hanya saja, ternyata rusunawa itu masih menyimpan masalah, termasuk pembangunan akses jalan menuju Rusunawa Pinus Elok yang belum tuntas. Apalagi, karena letaknya yang berada di dalam Perumahan Taman Pulo Indah, warga menutup akses menuju rusunawa tersebut.

Melihat kenyataan di lapangan dan mendengar keluhan dari warga, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Basuki Tjahaja Purnama saat meninjau lokasi rusunawa itu, Senin (4/2), langsung memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI agar segera memperbaiki jalan permukiman warga yang rusak.

"Saya berharap dengan perbaikan jalan itu, nanti tidak ada lagi masalah. Sehingga akses menuju rusunawa pun dapat dilalui tanpa kendala," ungkap Basuki.

Kekecewaan Basuki bertolak dari penjelasan Ketua RW 18 Kelurahan Penggilingan, Edi Laksono. Menurut Edi, penutupan akses menuju rusunawa dilakukan penghuni Perumahan Taman Pulo Indah akibat proses pembangunan rusunawa itu telah merusak jalan permukiman warga tersebut. Apalagi kini rusunawa itu telah rampung dibangun, namun pihak pengembang tidak kunjung memperbaki jalan yang rusak itu.

"Alasan kami menutup akses menuju rusun, karena saat pembangunannya telah merusak jalan permukiman warga. Padahal, warga membangun jalan itu dengan dana swadaya," keluh Edi.

Karena itulah, selain memerintahkan Dinas PU DKI memperbaiki ruas jalan menuju rusunawa, Basuki juga menginstruksikan Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto untuk mendata perumahan yang telah ditinggal pengembang di wilayah Jakarta Timur untuk penerimaan aset apa adanya serta untuk diambil alih Pemrpov DKI.

"Memangnya yang tinggal di rumah susun bukan manusia juga. Bila memang diberi kesempatan Jakarta ini merupakan tempat orang bisa kaya. Saya sudah perintahkan Dinas PU segera perbaiki jalan tersebut agar nanti warga bisa menuju Rusunawa Pinus Elok tanpa hambatan," ujar Basuki.

Dalam kunjungannya ke Rusunawa Pinus Elok, Ahok ingin memastikan kesiapan Rusunawa Pinus Elok yang selesai dibangun tahun 2009 untuk dihuni korban banjir Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Sementara itu, Plt Kasie Prasarana dan Sarana UPT Rusun Wilayah III (Jakarta Timur-Jakarta Selatan) Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Agus Nugroho mengatakan, Rusunawa Pinus Elok dibangun pada 2007 dan selesai 2009. Rusunawa itu terdapat dua blok yakni Blok A dan B. Untuk Blok A terdapat enam tower dan Blok B terdapat dua tower.

Dia menjelaskan, dari enam tower di Blok A, dua di antaranya dibangun menggunakan dana APBD DKI dan empat lagi dibangun menggunakan dana APBN yang hingga kini belum diserahterimakan dari pengembang kepada Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI.

"Sejauh ini kami hanya mengurus dua tower saja. Saat ini kondisi lantai tiga sampai lima relatif baik dan kita akan pastikan pemasangan instalasi air dan listriknya," katanya. (Selamat Saragih/Hnr)

()

MI/Immanuel Antonius

PPP Kaji Ulang Koalisi dengan Gerindra

20 April 2014 07:21 wib

HASIL Rapimnas I PPP yang sempat ricuh belum memutuskan akan berkoalisi dengan partai politik lainnya.