Benjamin Mangkoedilaga di Mata Adnan Buyung

Arga sumantri    •    Kamis, 21 May 2015 21:26 WIB
obituari
Benjamin Mangkoedilaga di Mata Adnan Buyung
Mantan Hakim Agung Benjamin Mangkoedilaga/MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengacara Senior Adnan Buyung Nasution menyempatkan diri melayat ke rumah duka almarhum Benjamin Mangkoedilaga di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (21/5/2015) malam. Adnan tiba di rumah duka sekira pukul 19.50 WIB. 

Adnan pun menyampaikan rasa duka cita mendalam atas kepergian mantan Hakim Agung itu. Ia juga menyampaikan seperti apa sosok Benjamin semasa hidup dan bergelut di bidang hukum.

"Almarhum ini luar biasa, pada waktu kasus pemberedelan Tempo, beliau ini majelis hakim-nya. Saat itu berani tegakkan hukum dan keadilan, luar biasa," kata Adnan.

Adnan mengaku tidak tahu mendiang Benjamin menderita penyakit jantung. Dia mengaku sudah lama tidak bertemu dengan Benjamin.

"Saya tidak tahu kalau almarhum sakit jantung. Saya banyak belajar dari ayah beliau, ayah beliau ini jaksa yang jujur dan berani," tambah Adnan.

Benjamin meninggal di rumah sakit Jakarta sekira pukul 16.30 WIB karena menderita penyakit jantung.

Taufik Gumulya, keponakan Benjamin menuturkan, almarhum diketahui memang sudah menderita penyakit jantung sejak lama. Namun kondisinya semakin menurun seminggu terakhir.

"Memang Om Benjamin sudah derita sakit jantung lama. Jantungnya sudah terjadi pembengkakan, dan fungsi jantungnya makin menurun, terakhir bahkan dibawah 50 persen," kata Taufik kepada Metrotvnews.com, dalam kesempatan berbeda.

Taufik mengatakan, Om nya itu memang dikenal tertutup soal penyakitnya. Almarhum kerap tidak mau menunjukkan kalau dirinya tengah sakit.

"Beliau ini sakit sudah lama, sudah setahun lebih. Beliau ini memang kuat dan tidak mau menunjukkan ke orang-orang kalau dia sakit jantung," tambahnya.


(OJE)