Kunjungan ke ESDM, Saksi Akui Sutan Dapat Rp50 Juta

Renatha Swasty    •    Kamis, 21 May 2015 22:17 WIB
sutan bhatoegana
Kunjungan ke ESDM, Saksi Akui Sutan Dapat Rp50 Juta
Mantan Ketua Komsi VII Sutan Bathoegana/ANT/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Kepala Biro Keuangan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Didi Dwi Sutrisnohadi mengaku memberikan duit Rp50 juta buat Sutan Bhatoegana. Duit diberikan usai Sutan melakukan kunjungan ke ESDM.

"Saya dipanggil pak sekjen (mantan Sekjen ESDM, Waryono Karno), 'Pak Didi sini', langsung saya menghadap. Waktu saya menghadap, pak sekjen bilang, pak Sutan mau datang, tolong siapkan 50 (Rp50 juta)," ungkap Didi saat menjalani sidang lanjutan untuk terdakwa Sutan Bhatoegana di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Atas permintaan itu, Didi mengaku tak memiliki uang. Akhirnya, Waryono meminta Didi supaya menghubungi Kepala Pusat PPBMN Kementerian ESDM Sri Utami.

"Terus siang siang itu saya kedatangan Sri Utami, 'pak Didi ini katanya untuk pak Sutan' setelah itu saya taruh di paper bag, lalu saya turun ke tempat pak sekjen," pungkas dia.

Usai memberikan duit itu pada Waryono, Didi mengaku Waryono memintanya bersama menemui Sutan. Usai mengobrol sebentar, Sutan pamit pulang dan tas berisi uang diserahkan pada mantan Ketua Komisi VII itu.

"Saya sampaikan itu paper bag ke Pak Sekjen lalu beliau mengantar Pak Sutan ke luar," pungkas dia.

Dalam dakwaan disebutkan untuk mengapresiasi kedatangan Sutan ke KESDM, mantan menteri ESDM Jero Wacik meminta supaya Sutan diberikan duit. Waryono lantas menyiapkan uang Rp50 juta.


(OJE)

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

10 minutes Ago

Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang S…

BERITA LAINNYA