Percuma Petral Dibubarkan Jika Harga BBM tak Turun

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 21 May 2015 22:45 WIB
petral
Percuma Petral Dibubarkan Jika Harga BBM tak Turun
Ilustrasi. FOTO: MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Pertamina Energy Trading Limited (Petral) dibubarkan tapi tidak bisa menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), sama saja percuma.

Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika mengatakan pembubaran Petral ibarat mengganti casing komputer dan menjadi percuma saja kalau tujuan pengadaan minyak murah tidak tercapai.

"Kenapa dibubarkan? Tujuannya itu bukan pembubaran. Petral itu kalau komputer itu kayak casing. Nah tujuannya dulu, tujuannya, kita menginginkan biaya pengadaan minyak itu murah. Kalau biaya pengadaan minyak murah, maka harga BBM yang dijual ke rakyat murah," kata Kardaya usai diskusi 'Reforming Oil & Gas Governance Towards Achieving National Goals' The 39th Indonesia Petroleum Association Convention & Expo, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Meskipun berdasarkan catatan Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) Petral merupakan sumber inefisiensi, dia pun mempertanyakan apa yang akan terjadi setelah Petral dibubarkan. Apakah berdampak baik terhadap harga BBM? Atau justru malah memupuskan harapan rakyat?

"Harapan rakyat kalau dibubarkan itu berarti biaya pengadaannya turun kan. Kalau biaya pengadaannya turun, BBM harganya turun. Nah sekarang kala‎u sudah dibubarkan, harga BBM tidak turun. Jadi untuk apa?" ungkap dia.

Lebih lanjut, menurutnya keberadaan Integrated Supply Chain (ISC) juga tidak memberikan efisiensi yang besar meskipun sudah tercatat dua bulan pertama sudah memberikan efisiensi sebesar USD22 juta.

"Kan tujuannya itu supaya biaya pengadaan BBM itu murah, supaya bensin atau BBM yang dijual ke rakyat itu rendah. Itu saja. Sekarang ya jangan dulu ditepuk tanganin dulu dong," lanjut dia.

Menurut dia, semua ini ditujukan kepada rakyat, di mana sebagian besar masyarakat tidak mementingkan mana mafia migas, tapi yang terpenting dampak pembubaran Petral terhadap harga BBM.

"Ya ujung-ujungnya bagi rakyat itu, 'wah itu dibubarin begini, mafia begini', mafia itu kita dari dulu cerita mafia juga kan kita tidak tahu. Bagi rakyat itu yang penting, harga BBM turun berkat itu. Itu jelas dirasakan," pungkas dia.


(AHL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA