Xavi: Barca Tetap Hebat Tanpa Saya

Patrick Pinaria    •    Kamis, 21 May 2015 22:46 WIB
liga spanyol
Xavi: Barca Tetap Hebat Tanpa Saya
Xavi Hernandez (Foto: AP/Manu Fernandez)

Metrotvnews.com, Barcelona: Gelandang Barcelona Xavi Hernandez menilai timnya akan tampil apik tanpa dirinya. Ucapan itu dilontarkan Xavi usai ia mengumumkan kepergiannya dari El Barca pada acara konferensi pers, Kamis 21 Mei malam hari.

Xavi akan hengkang dari Barcelona pada akhir kompetisi 2014--2015. Gelandang asal Spanyol itu akan bergabung dengan Al Sadd, klub asal Qatar.

"Barca akan terus menang, bersaing, bermain dengan baik. Sejarah sudah menunjukkan hal itu. Kami sudah melihat beberapa pemain besar pergi sebelumnya. Namun, klub berhasil membangun kekuatan kembali dan terus melanjutkan prestasi," ucap Xavi.

"Barca akan terus mendatangkan pemain baru baik dari dalam maupun luar akademik. Jadi, saya tidak berpikier mereka akan mendapat masalah. Barca akan tersu menjadi klub besar. Tidak ada keraguan akan hal itu," sambungnya.

Xavi sudah menjadi sosok yang melekat bagi Barcelona. Klub yang sudah dibelanya selama 11 musim. Total, gelandang 35 tahun tersebut sudah mengoleksi 764 penampilan dan 84 gol di seluruh kompetisi.

Tak hanya itu, Xavi juga sudah memberikan segudang prestasi bagi Barcelona selama kariernya. Tercatat, ia sudah mempersembahkan 23 gelar untuk Los Cules, termasuk dengan gelar La Liga Spanyol musim 2014--2015.

Ketika ditanya soal siapa pengganti yang cocok di Barcelona nanti, Xavi mengaku sulit untuk menilainya.

"Sulit untuk mengatakan siapa yang akan menggantikan saya. Saya datang ke Barcelona setelah era Pep Guardiola. Itu merupakan tanggung jawab besar sehingga tidak ada yang bisa menggantikannya. Tak seorang pun akan menjadi penerus saya," sambung Xavi.

"Tim ini lebih penting daripada setiap individu. Tim telah bermain tanpa saya musim ini dan mereka sangat fantastis. Selalu ada pemain yang tumbuh di klub ini," tutupnya. (Soccerway)


(PAT)