Pansel KPK 100 persen Perempuan, ICW: Ini Pembuktian

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 22 May 2015 07:30 WIB
pansel kpk
Pansel KPK 100 persen Perempuan, ICW: Ini Pembuktian
Wakil Koordinator ICW Agus Sunaryanto/ANT/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia Corruption Watch tidak masalah dengan komposisi panitia seleksi Komisoner Pemberantasan Korupsi (KPK) yang semuanya perempuan. ICW menilai, ini saatnya perempuan membuktikan kemampuannya.

"Ini pembuktian bagi kaum perempuan menghasilkan calon Pimpinan KPK yang terbaik," kata Wakil Koordinator ICW Agus Sunaryanto dalam Bincang Pagi Metro TV, Jumat (22/5/2015).

Terkait penilaian komposisi yang satu warna, terdiri dari para akademisi tanpa melibatkan pihak yang berpengalaman di KPK, Agus menganggap hal itu mudah diatasi. 

"Sebenarnya bisa disiasati dengan mengundang internal KPK. Yang penting mereka punya perspektif antikorupsi yang mendalam," tambah dia.

Kendati demikian, Agus mewanti-wanti sembilan srikandi Pansel KPK ini dapat membuka diri saat bekerja. Mereka diharapkan mau menerima masukan masyarakat luas.

Sementara Pakar Psikologi Politik Hamdi Muluk mengaku komposisi tersebut sejatinya tidak dapat diganggu gugat lagi. Pasalnya, sembilan srikandi Pansel KPK sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo. Namun, ia menyimpan harapan lain untuk Pansel KPK.

"Lebih bagus ada orang yang pernah bersentuhan langsung dengan KPK dan yang lebih pas mantan komisioner," ungkap dia.


(OJE)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

16 minutes Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA