Beras Plastik, Masyarakat Diminta Tungggu Hasil Puslabfor

Gana Buana    •    Jumat, 22 May 2015 08:37 WIB
kasus beras plastik
Beras Plastik, Masyarakat Diminta Tungggu Hasil Puslabfor

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat diminta menunggu hasil uji sampel beras plastik dari Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Mabes Polri dan laboratorium BPOM. Polisi meminta warga tidak risau dengan hasil uji laboratorium dari pihak lain.
 
"Kami tidak mau berasumsi, penyelidikan tetap dilakukan. Pihak kami masih menunggu dengan sabar hasil uji dua laboratorium itu," kata Kapolres Kota Bekasi Rudi Setiawan, Jumat (22/5/2015).
 
Polisi masih mengumpulkan informasi di lapangan terkait temuan itu. Rudi akan meningkatkan penyelidikan, bila hasil uji lab sudah keluar. Pihaknya menegaskan, status S selaku penjual beras berbahan sintetis masih dijadikan sebagai saksi.
 
Rudi mengaku, penyidik telah memeriksa ST, selaku pemasok beras di toko milik S. Namun Rudi enggan menjelaskan hasil pemeriksaan itu lebih dalam. "Masih kami periksa ST sebagai saksi, jadi belum bisa dijelaskan asal usul beras yang didapatkan. Nanti akan kami berikan penjelasannya," katanya.
 
Sebelumnya, Pemkot Bekasi telah mengumumkan hasil laboratorium terkait beras plastik. Dari dua sampling 250 gram bahan yang dites, ditemukan karakteristik fisik yang identik. Kedua sample dilihat menggunakan alat spectrum. Dalam beras ditemukan senyawa polyvinyl chloride, bahan baku pipa plastik.
 
Dari hasil pembacaan sample, ditemukan juga senyawa BBP (Benzyl Butyl Phtalate), DEHP (Bis 2-ethylhexy phtalate), DINP (diisonony phtalate). Senyawa tersebut identik dengan pelentur bahan polyvinyl.


(FZN)