Hindari Mencuci Jeans dengan Detergen

   •    Jumat, 22 May 2015 10:56 WIB
gaya
Hindari Mencuci Jeans dengan Detergen
angan terlalu sering mencuci jeans. (Foto:redorbit.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mencuci jeans terkadang menjadi hal yang cukup melelahkan karena bahannya yang terlalu tebal dan terbilang cukup berat saat sudah terendam dengan air. Kerena tak mau repot, banyak orang sembarangan mencuci jeans mereka seperti dengan meletakkannya dalam mesin cuci dan memakai detergen.

Rupanya, pemakaian detegen tidak dianjurkan untuk mencuci jeans, begitu pula dengan menggunakan mesin cuci. Berikut ini cara terbaik mencuci jeans jika Anda ingin mempertahankan kualitas dan warnanya.

- Jangan mencuci jeans terlalu sering
Jika Anda tidak melihat kotoran menempel pada jeans Anda, sebenarnya tidak perlu mencucinya setiap kali Anda baru saja mengenakannya. Mencuci terlalu sering hanya akan membuat warna jeans Anda cepat memudar. Bahkan banyak orang mengatakan untuk mencuci jeans setidaknya setiap empat bulan sekali.

- Hindari mesin cuci
Jeans memang merupakan salah satu pakaian yang cukup berat. Itulah mengapa banyak orang lebih memilih untuk mencucinya menggunakan mesin cuci ketimbang dnegan tangan. Namun Anda perlu tahu bahwa terlalu sering mencici jeans menggunakan mesin cuci akan membuatnya cepat rusak. Jika Anda benar-benar harus menggunakannya, balik celana jeans Anda dan hanya mencucinya pada pengaturan yang paling halus.

- Jauhkan detergen
Mencuci jeans menggunakan detergen mungkin akan membuatnya lebih bersih, tetapi itu bisa menyebabkan warna jeans Anda gampang memudar. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya gunakan cuka untuk ketika mencuci jeans. Cukup rendam jeans Anda dalam bak air dingin yang telah dicampur dengan secangkir cuka. Jangan khawatir masalah bau karena setelah kering, bau cuka tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Jika Anda benar-benar tidak ingin menggunakan cuka, Anda dapat merendam jeans Anda dalam bak atau ember berisi air hangat dan gunakan detergen lembut secukupnya. Rendam selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Memeras kelebihan air dan gantung hingga kering.

- Cukup bersihkan di area yang terkena noda
Ketika jeans Anda terkena yang tidak terlalu parah, jangan cuci jeans Anda secara keseluruhan. Cukup bersihkan saja pada bagian yang terkena noda. Gunakan kain untuk membersihkannya kemudian gunakan kain basah untuk membasahi daerah yang terkena noda kemudian gosok sampai noda benar-benar hilang.

- Gantung di kamar mandi
Jika Anda menginginkan jeans Anda memiliki bau yang lebih harum, sebainya gantung jeans Anda di kamar mandi terutama ketika Anda sedang mandi. Uap dari aroma sabun mandi akan meresap ke dalam jeans Anda sehingga membuatnya berbau harum dan segar. (Ningtriasih/Shefinds)


(LOV)