Benarkah Pelat Nopol Modif Didenda Rp500 Ribu?

Tri Kurniawan    •    Jumat, 22 May 2015 11:59 WIB
lalu lintas
Benarkah Pelat Nopol Modif Didenda Rp500 Ribu?
Sebuah mobil dengan plat nomor polisi modifikasi melintas di Jalan Cokroaminoto, Menteng, Jakarta, Selasa 20 April 2010. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Kendaraan dengan nomor polisi modifikasi jelas melanggar undang-undang. Sanksi bagi pelanggar denda Rp500 ribu atau kurungan dua bulan.

Nyatanya, masih banyak kendaraan dengan pelat nomor polisi modifikasi melaju di jalanan. Berlakukah undang-undang dan sanksi tersebut?

Aturan tidak dibolehkan menggunakan pelat nomor modifikasi jelas tertuang di Undang -undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 280.

Bunyinya: Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan kurungan 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu.

Polda Metro Jaya mengimbau agar pengendara tidak menggunakan pelat nomor polisi modifikasi. Biasanya, pemilik kendaraan memodifikasi pelat nomor sehingga bisa menjadi sebuah kata dan bisa dibaca.

Seperti yang dilakukan artis seksi Roro Fitria. Dia menempelkan pelat nomor polisi B   20R00 di mobil mewahnya Ferrari warna hitam. Setelah ditelisik, pelat nomor mobil Roro tidak hanya dimodif tapi juga bodong.

Bila pelat nomor polisi Anda rusak atau angka-angkanya sudah tidak tampak, bisa meminta pengganti di Kantor Samsat terdekat.


(TRK)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA