Bahana Artha Ventura: Perlu Terobosan Dorong Pertumbuhan Modal Ventura

Angga Bratadharma    •    Jumat, 22 May 2015 13:14 WIB
lembaga keuangan
Bahana Artha Ventura: Perlu Terobosan Dorong Pertumbuhan Modal Ventura
Bahana Artha Ventura (Foto: dokumen Bahana Artha Ventura)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bahana Artha Ventura menyatakan, untuk memajukan industri modal ventura dibutuhkan berbagai terobosan, baik di sisi regulasi maupun institusi. Terobosan tersebut diharapkan bisa mendorong lahirnya wirausaha baru, pemberdayaan UMKM dan pembukaan lapangan kerja, sebagaimana misi pendirian modal ventura oleh pemerintah.

"Pembiayaan dari modal ventura juga harus mengarah pada sektor-sektor yang berpotensi mengalami pertumbuhan tinggi agar mampu berperan terhadap perekonomian nasional," kata Direktur Utama Bahana Artha Ventura Andi Buchari, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Andi menambahkan, dalam konteks ekonomi global potensi ekonomi bisa didapat secara maksimal jika melibatkan inovasi dari para pengusaha. Oleh kerena itu, dukungan riil pemerintah, legislatif, dan para stakeholders sangat penting agar modal ventura makin berperan dalam perekonomian nasional.

Selain itu, masih kata Andi, pengawasan dan pengendalian terhadap praktek private equity yang selama ini sangat bebas dan terkesan 'tidak diatur' perlu dilakukan agar tercipta level playing field yang fair bagi para pelaku di industri venture capital/private equity Indonesia.

Andi mencontohkan, di luar negeri peran modal ventura telah sukses melahirkan perusahaan multinasional di Amerika Serikat, seperti Apple Computer, Microsoft, Kentucky Fried Chicken, Sock Shop, Wang Computer, Haagen Daz Ice Cream, IBM, Hawlett Pakard, Google, Ebay, dan IBM.

Upaya dari OJK untuk mengembangkan industri modal ventura, lanjut Andi, sejalan dengan program pemerintah yang menaruh perhatian besar terhadap dunia enterprenuer dan sektor UMKM. Langkah OJK tersebut sebagai jawaban terhadap tantangan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang memungkinkan para pemain asing masuk.

“Diharapkan pemerintah dan berbagai pihak terkait bekerja sama mengembangkan modal ventura nasional, dipelopori oleh PMV yang terafiliasi dengan pemerintah, sehingga program revitalisasi dapat berhasil sebagaimana diharapkan,” tutup Andi.



(ABD)

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

12 minutes Ago

Bos PT Delta Energy dan toko buku Gunung Agung, Made Oka diperiksa KPK selama tujuh jam soal ka…

BERITA LAINNYA