Produsen Beras Plastik Dapat Dikenakan Pasal Penipuan

Intan fauzi    •    Jumat, 22 May 2015 13:43 WIB
kasus beras plastik
Produsen Beras Plastik Dapat Dikenakan Pasal Penipuan
Polisi melaukan razia beras. (Foto: Antara/Didik Suhartono)

Metrotvnews.com, Depok: Produsen beras plastik yang selama ini beredar di Bekasi dan Bogor dapat dikenakan pasal 378 tentang penipuan, dengan hukuman penjara maksimal empat tahun.
 
Paur Humas Polres Kota Depok, Ipda Bagus Suwardi mengatakan, jika ditelisik, kasus beras plastik masuk dalam kriminalitas tindak penipuan.
 
"Polisi bertindak dan melihat kasus itu dari segi kriminal, ada unsur tindak kriminalnya atau tidak di sana," kata Bagus, kepada Metrotvnews.com di kantornya Jalan Margonda Raya, Depok, Jumat (22/5/2015).
 
Bagus menilai, selain pasal 378, pelaku bisa dikenakan sanksi sesuai UU pangan. "Kita lihat sanksinya sejauh mana, Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang tahu. Namun jika mutlak penipuan, jelas akan dikenakan pasal 378 soal penipuan," sambungnya.
 
Menurutnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan lebih tahu soal sanksi untuk pelaku tersebut. "Mungkin beras ini beda, ada UU tentang pangan, yang tahu kan teman-teman di Disperindag," kata Bagus.
 
Beras plastik pertama kali ditemukan oleh warga Bekasi, Dewi Setiani. Penemuannya itu langsung Ia sampaikan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi. Lalu beras plastik kembali ditemukan di Bogor.
 
Pemkot Bekasi telah mengumumkan hasil laboratorium terkait beras plastik. Dari dua sampling 250 gram bahan yang dites, ditemukan karakteristik fisik yang identik. Kedua sample dilihat menggunakan alat spectrum. Dalam beras ditemukan senyawa polyvinyl chloride, bahan baku pipa plastik.
 
Dari hasil pembacaan sample, ditemukan juga senyawa BBP (Benzyl Butyl Phtalate), DEHP (Bis 2-ethylhexy phtalate), DINP (diisonony phtalate). Senyawa tersebut identik dengan pelentur bahan polyvinyl.
 


(FZN)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

1 hour Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA