Komnas Anak Tentang Pertemuan Orang Tua dan Anak yang Ditelantarkan

Al Abrar    •    Jumat, 22 May 2015 14:53 WIB
penelantaran anak
Komnas Anak Tentang Pertemuan Orang Tua dan Anak yang Ditelantarkan
Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait. Foto: MI/Sumaryanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana Polda Metro Jaya dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia mempertemukan Utomo Pernomo dan Nurindria Sari dengan kelima anaknya sepertinya tidak mulus. Komisi Nasional Perlindungan Anak menentang keras rencana itu. 

"Saya atas nama Komnas PA tidak bersepakat untuk mempertemukan orang tua anak dengan lima korban," kata Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait saat dihubungi Metrotvnews.com di Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Arist beralasan, kelima anak Utomo-Nurindria, khususnya D dan dua anak kembar lainnya, masih dalam keadaan trauma akibat penelantaran oleh orangtuanya. "Anak ini masih dalam pemulihan terapi akibat stres akut karena dia takut dengan ayahnya," jelas Arist.

Apalagi, kedua orang tua yang diduga menelantarkan anak itu belum jadi tersangka penganiayaan kepada anak. Utomo dan Nurindria baru menjadi tersangka kasus narkoba lantaran enam bulan menenggak barang haram itu.

Arist menduga, ada upaya mengalihkan peristiwa penelantaran anak ke kasus pengguna narkoba yang berakhir kepada rehabilitasi kepada Utomo dan Nurindria. "Ada dugaan untuk mengalihkan tindak pidana ke narkoba, dan kedua orang tua direhabilitasi seolah-olah dengan orang tua menelantarkan anak karena menggunakan narkoba," kata Arist. 

Kasus dugaan penelantaran anak terungkap 14 Mei lalu. Utomo, sang ayah, melarang anaknya yang berusia delapan tahun masuk ke rumah selama sebulan terakhir. Bocah berinisial D itu tidak disekolahkan. Pada malam hari, D menumpang tidur di pos satpam perumahan.

Selain kasus penelantaran anak, polisi menjerat Utomo dan Nurindria dengan kasus narkoba. Sebab, ditemukan paket sabu di rumahnya. Selain itu, tes urine keduanya positif sabu. Keduanya sudah menjadi tersangka kasus narkoba.


(DOR)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA