Pertemuan Orang Tua Penelantar Anak dengan 5 Anaknya Batal

Ilham wibowo    •    Jumat, 22 May 2015 15:44 WIB
penelantaran anak
Pertemuan Orang Tua Penelantar Anak dengan 5 Anaknya Batal
Utomo Pernomo. Foto: Metrotv.

Metrorvnews.com, Jakarta: Rencana pertemuan orang tua terduga penelantar anak dengan kelima anaknya batal dilakukan. Pertemuan batal karena kondisi psikologi Utomo Pernomo dan Nurindria Sari masih amat labil.

"Anak-anak sudah minta dipertemukan. Kangen sama ibunya. Tapi tidak jadi mengingat kondisi dua orang tua ini belum memungkinkan. Secara psikologis masih labil sekali," tutur kuasa hukum Utomo-Nurindria, Handika Honggowongso, di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (22/5/2015)

Semula, rencana pertemuan dilakukan setelah Utomo-Nurindria menjalani pemeriksaan kejiwaan di Rumah Sakit Polri hari ini. Pemeriksaan kejiwaan merupakan agenda dokter dari kepolisian. Pemeriksaan tambahan itu untuk mengetahui kesehatan psikis dan kejiwaan Utomo dan Nurindria.

Handika menjelaskan, pemeriksaan psikologis orang tua penelantar anak masih didalami pihak kepolisian. Handika menuturkan riwayat orang tua ini sekitar tiga bulan yang lalu diduga mempunyai pemahaman atas keyakinan tertentu

"Menurut dokter itu hal yang perlu diobservasi lebih dalam untuk mengkatagorikan dia sehat scara jasmani atau tidak," tutur Handika.

Kasus dugaan penelantaran anak terungkap 14 Mei lalu. Utomo, sang ayah, melarang anaknya yang berusia delapan tahun masuk ke rumah selama sebulan terakhir. Bocah berinisial D itu tidak disekolahkan. Pada malam hari, D menumpang tidur di pos satpam perumahan.

Selain kasus penelantaran anak, polisi menjerat Utomo dan Nurindria dengan kasus narkoba. Sebab, ditemukan paket sabu di rumahnya. Selain itu, tes urine keduanya positif sabu. Keduanya sudah menjadi tersangka kasus narkoba.


(DOR)