Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

   •    Jumat, 22 May 2015 17:45 WIB
kuliner
Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas
Makanan ini sebaiknya jangan disimpan dalam kulkas. (Foto:homes-kid.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lemari es atau kulkas adalah pilihan utama untuk menjaga kualitas dan kesegaran makanan. Masalahnya, banyak orang kurang mengetahui makanan mana yang baik dan tidak untuk di simpan di dalam lemari es. 

Perlu Anda ingat bahwa ada beberapa makanan yang tak sebaiknya Anda simpan di dalam lemari pendingin. Apa saja makanan tersebut?

Roti
Menyimpan roti di dalam lemari es sebenarnya tidak masalah, namun hal itu dapat membuat roti lebih cepat kering. Sebaiknya cukup simpan pada suhu kamar jika Anda tidak ingin makan roti kering.

Kentang
Lemari pendingin akan merugikan dan mempengaruhi rasa kentang. Untuk itu, cukup simpan di kantong kertas, hindari kantong plastik karena akan mempercepat proses pembusukan.

Beberapa jenis buah-buahan
Buah-buahan seperti alpukat, apel, pisang, buah jeruk, berry, peach, aprikot, sebaiknya jangan disimpan di lemari es. Hal ini akan menyebabkan hilangnya rasa dan tekstur. Jika Anda mendinginkannya agar terlihat segar, cukup dinginkan selama 30 menit sebelum dimakan.

Saus salad
Hampir sama seperti bumbu dapur lainnya, saus salad terutama yang bercampur cuka dan minyak, sebaiknya jangan di simpan di dalam kulkas.

Tomat
Menyimpan tomat di dalam kulkas akan menyebabkan tomat kehilangan rasa dan menjadi lembek. Jadi, cukup simpan di tempat yang sejuk.

Saus tomat
Tomat umumnya mengandung cuka dan pengawet. Jadi, Anda tak perlu menyimpannya di dalam lemari pendingin, bahkan jika kemasan telah dibuka.

Sereal
Sereal akan baik-baik saja tanpa dimasukkan ke dalam kulkas. Jadi, cukup menyimpannya di tempat yang aman dan kemasannya tidak terbuka agar sereal tidak melempem.

Minyak
Hampir semua jenis minyak cukup aman tanpa harus menyimpannya di dalam kulkas. Cukup menyimpannya pada suku kamar. Satu-satunya minyak yang harus Anda simpan di lemari esadalah minyak berbasis kacang.

Kopi
Cara terbaik untuk menyimpan kopi yaitu dalam wadah kedap udara. Pendingin akan membuat kopi menjadi mengembun dan mengurangi rasa.

Melon
Banyak orang umumnya menyimpan melon ke dalam kulkas. Tetapi setelah dingin, umumnya rasa melon akan pecah dan menjadi kasar. Jadi untuk menjaga rasa melon, simpanlah pada suhu kamar. Namun ketika sudah dipotong, Anda tetap harus menyimpannya di dalam kulkas.

Selai kacang
Tidak perlu pendinginan, selai kacang akan baik-baik saja hanya dengan menyimpannya di tempat yang sejuk dan gelap.

Madu
Pendingin akan menyebabkan madu menjadi mengeras. Jadi, cukup simpan pada suhu kamar dan jauhi dari sinar matahari langsung.

Berry
Buah berry memiliki masa simpan yang pendek jadi Anda tak perlu memasukkannya ke dalam lemari es.

Rempah-rempah
Beragam jenis bumbu dapur seperti bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas dan bumbu-bumbu lainnya tidak perlu disimpan di lemari pendingin. Cukup simpan di tempat yang sejuk dan gelap agar tidak gampang rusak.

Kacang dan buah-buahan kering
Jenis makanan ini juga tidak perdi disimpan di tempat yang dingin. Kacang dan buah-buahan kering akan baik-baik saja jika di simpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Ikan tuna kemasan
Banyak orang mungkin takut untuk membiarkan ikan tuna keluar dari kulkas jika tidak ingin dikonsumsi. Namun, tuna kemasan atau tuna kalengan sudah cukup aman meski hanya di simpan pada suhu kamar tanpa harus menyimpannya di dalam kulkas.

Paprika
Baik paprika merah, hijau, kuning atau berbagai jenis cabai lainnya, semuanya akan aman dan baik-baik saja tanpa harus dimasukkan ke lemari pendingin. Yang terpenting, jangan biarkan jenis buah pedas ini terpapar panas secara langsung. Anda cukup menyimpannya dengan kertas dan letakkan di ruangan yang sejuk. (Ningtriasih/Timesofindia)


(LOV)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA