Atasi Banjir, Jokowi Lakukan Pendekatan ke Warga Manggarai

   •    Selasa, 05 Feb 2013 18:34 WIB
Atasi Banjir, Jokowi Lakukan Pendekatan ke Warga Manggarai

MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), melakukan pendekatan ke warga Manggarai Utara, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Pendekatan ini dilakukan agar warga bersedia diajak kerjasama untuk mengatasi banjir di wilayah tersebut.

"Kita melakukan pendekatan-pendekatan ke masyarakat nanti kalau ada program-program, mereka itu pada posisi dekat dengan kita," ujar Jokowi usai membagikan beras dan alat tulis ke warga di depan Stasiun Manggarai tersebut, Selasa (5/2).

Rencananya, warga di bantaran Sungai Ciliwung itu direlokasi untuk normalisasi kali. Sebagian dari mereka akan direlokasi ke Rusun Pasar Rumput yang segera dibangun. Sisanya ditempatkan di rusun yang rencananya dibangun 50 meter dari bantaran sungai tak jauh dari pemukiman mereka.

Namun, Jokowi mengaku hal tersebut tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Jokowi ingin mencarikan solusi bagi warga. Dia tak ingin hanya melakukan relokasi.

"Belum bicara ke sana lah paling tidak kita sudah melakuan pendekatan, lebih dekat dengan masyarakat, nanti kalau bicara itu saya kira lebih gampang," kata dia.

Termasuk warga sekitar Pasar Rumput yang juga akan direlokasi guna pembangunan rusun. "Ya kurang lebih ini kan juga segera dimulai, ya perlu pendekatan yang enak lah yang baik-baik. Ini salah satu stepnya," tutur Jokowi.(Rita Ayuningtyas/Uut)