Indonesia Akan Gawangi Pertemuan antar Sekjen MK se-Asia

Al Abrar    •    Jumat, 22 May 2015 19:59 WIB
Indonesia Akan Gawangi Pertemuan antar Sekjen MK se-Asia
Janedri M Gaffar. Foto: Rommy Pujianto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) bakal menggelar pertemuan Sekretaris Jenderal Asosiasi MK Se-Asia dan Lembaga Sejenis (The Association Of Asian Constitutional Courts and Equivalent Institution-AACC) antar di Jakarta, Senin 25 Mei pekan depan.

Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (Sekjen MK) Janedjri M Gaffar mengatakan, ada 13 negara yang akan ikut dalam pertemuan perdana yang digawangi oleh Indonesia ini. 

Nantinya kata Janedri, agenda pertemuan Sekjen AACC bertujuan untuk mempelajari dan saling bertukar pengetahuan, pengalaman, dan informasi mengenai kewenangan konstitusional MK dan institusi sejenis di masing-masing negara anggota.

"Nantinya, masing-masing Sekjen termasuk hakim akan memaparkan kewenangan konstitusional yang mereka miliki dan bagaimana mereka menjalankan kewenangannya dan masalah yang dihadapi. Belum lagi berbagai informasi lainnya kita harapkan disampaikan, lalu kita sharing pengalaman pengetahuan dan informasi," kata Janedjri di gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (22/5/2015).

Pertemuan para Sekjen MK ini juga sebagai persiapan diselenggarakannya Simposium Internasional tentang Constitutional Complaint yang akan melibatkan 50 negara di Jakarta pada tanggal 15-16 Agustus 2015 nanti.

Untuk diketahui, saat ini MK merupakan Presiden AACC periode 2014-2016. Karena status ini, rencananya Kongres III di bulan April 2016 juga akan diselenggarakan di Indonesia.

Adapun 13 negara yang akan ikut dalam pertemuan tersebut adalah, Indonesia, Afghanistan, Azerbaijan, Kazakhtan, Republik Korea, Malaysia, Pakistan, Philipinan, Federasi Rusia, Tajikistan, Thailand, Turki, Uzbekistan.
(AZF)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA