Semangat Pancasila Harus Tercermin dalam UU

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 22 May 2015 20:55 WIB
mpr ads
Semangat Pancasila Harus Tercermin dalam UU

Metrotvnews.com, Purwakarta: Eksploitasi terhadap sumber daya alam adalah praktek liberalisme yang bertentangan dengan Pancasila. Bila pratek liberalisme itu memiliki legalitas, maka payung hukum tersebut pun bertentangan dengan Pancasila.

"Ada keterlambatan dalam menterjemahkan sila-sila Pancasila. Akibatnya muncul nilai-nilai yang bertentangan Pancasila, salah satunya liberalisme," ujar Bupati Purwakarta H. Dedi Mulyadi.

Ini disampaikan dalam pembukaan sosialisasi empat pilar di kantor Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (22/5/2015). Acara ini hasil kerjasama antara MPR RI dengan STAI Dr. KHEZ Muttaqien Purwakarta.

Salah satu bukti liberalisme adalah munculnya UU tentang Sumber Daya Air. Banyak mata air yang terus dieksploitasi untuk kepentingan ekonomi, padahal pada saat yang sama ada masyarakat kekurangan air.

Agar produk hukum negara benar-benar menjamin kesejahteraan masyarakat, maka harus ada UU yang bisa menjabarkan semangat dan nilai-nilai dalam Pancasila. Tanpanya, mustahil dapat dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  

"Kalau tidak, sampai kapan pun Pancasila hanya akan menjadi simbol. Tidak memberi kontribusi apa-apa bagi kesejahteraan masyarakat," sambung Dedi.

Menanggapi pernyataan tersebut Wakil Ketua MPR Mahyudin ST, MM menyampaikan, karena alasan tersebut membuat MPR yakin bahwa Pancasila, UUD NRI 1945 NKRI dan Bhineka Tunggal Ika masih harus terus disosialisasikan. Apalagi  masih banyak anggota masyarakat yang belum memahami empat pilar secara utuh.

Selain itu sistem politik saat ini belum sempurna. "Makanya ada saja aturan perundangan yang dibatalkan dan direvisi," kata Mahyudin.
 


(LHE)