Wayang Kulit, Medium Ampuh Sosialisasikan Pesan Moral

Pelangi Karismakristi    •    Sabtu, 23 May 2015 01:56 WIB
mpr ads
 Wayang Kulit, Medium Ampuh Sosialisasikan Pesan Moral

Metrotvnews.com, Sleman: Wayang kulit adalah medium ampuh menyampaikan pesan-pesan moral dalam kisah Mahabarata dan Barata Yuda. Fungsi itu tetap berlangsung, termasuk untuk sosialiasikan empat pilar kebangsaan.

Demikian yang berlangsung dalam pagelaran wayang kulit di lapangan Denggung, Sleman, DIY, Jumat (22/5/2015) malam. Ki Seno Nugroho menjadi dalang lakon Wiratha Parwa.

"Ini bukan wayangan biasa," ujar Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid sebelum menyerahkan kayon tanda dimulai wayangan kepada Ki Seno Nugroho.

Wayangan salah satu metode MPR menyosialisasikan Pancasila, UUD '45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang sangat prinsip dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lakon yang dipilih pun bertujuan menyegarkan kembali agar seluruh ketentuan berbangsa dan bernegara bisa kita pahami dengan lebih baik. Untuk kemudian dilaksanakan dengan lebih baik pula. 

"Agar dengan demikian cita-cita proklamasi dan reformasi seperti dicetuskan pada 21 Mei 1998 bisa terlaksana," imbuh Hidayat. 

Pagelaran yang dipenuhi warga sekitar ini merupakan hasil kerjasama MPR dengan dengan Dinas Kebudayaan DIY dan Pemkab Sleman. "Tujuannya untuk menyebarluaskan nilai-nilai Empat Pilar  melalui salah seni budaya Indonesia," ujar Tugiyana, Kepala Biro Setpim Setjen MPR, selaku panitia penyelenggara kegiatan ini.

Wiratha Parwa berkisah tentang upaya kudeta yang gagal. Prabu Matswapati, raja Wiratha Parwa, selamat dari kudeta berkat bantuan Jagal Abilawa alias Raden Wrekudara, salah seorang Pandawa.
 


(LHE)