KPK: Pimpinan KPK Jilid IV Harus Punya Keberanian

Yogi Bayu Aji    •    Sabtu, 23 May 2015 02:06 WIB
kpk
KPK: Pimpinan KPK Jilid IV Harus Punya Keberanian
Indriyanto Seno Adji (kiri) bersama Taufiequrachman Ruki dan Zulkarnain (kanan) saat konferensi pers di KPK beberapa waktu lalu. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana Tugas Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indriyanto Seno Adji menegaskan keberanian mutlak harus dimiliki seorang petinggi KPK. Para pimpinan baru KPK di jilid IV nanti diminta tak boleh takut terhadap kriminalisasi.

"Saya cancer (sakit kanker) saja tidak takut mati, apalagi kriminalisasi," kata Indriyanto di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/2015).

Indriyanto diketahui tengah mengidap kanker hati. Dia memastikan penyakit itu tak menggetarkan hatinya dalam perang melawan korupsi dan tak takut bernasib sama seperti Pimpinan KPK nonaktif Abraham Samad dan Bambang Widjojanto yang jadi tersangka Mabes Polri.

Namun, Indriyanto emoh untuk mendaftarkan diri dalam seleksi pimpinan KPK Jilid IV. Dia masih mengkhawatirkan kondisi kesehatan. "Saya saja mikir hidup saya sampai Desember atau enggak, latest stage saya," tekan dia.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua KPK Zulkarnain. Dia menyarankan agar orang yang akan maju mencalonkan dirinya sebagai pimpinan KPK harus memiliki kebenarian yang besar.

"Karena, lembaga ini bekerja kerja sesuai dengan arah perjuangannya yakni, memberantas korupsi. Jadi kalau takut (akan dikriminalisasi) jangan masuk sini," kata pria yang akrab disapa Zul.

Sebab, lanjut dia, kriminalisasi adalah salah satu resiko menjadi pimpinan KPK didalam menjalankan tugas-tugasnya. Zul berpesan pada pimpinan berikutnya berhati-hati dalam mengambil segala tindakan.


(AZF)