Belanda Larang Penggunaan Cadar di Muka Publik

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 23 May 2015 11:47 WIB
belanda
Belanda Larang Penggunaan Cadar di Muka Publik
Belanda larang penggunaan cadar (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Amsterdam: Belanda melarang penggunaan burka atau cadar di lokasi publik. Aturan ditetapkan setelah melalui perdebatan panjang.

Larangan itu tidak sepenuhnya melarang penggunaan cadar. Mereka yang menggunakan cadar diharuskan melepas cadarnya di tempat-tempat seperti gedung pemerintah, sekolah, rumah sakit dan transportasi publik.

"Aturan itu tidak didasarkan atas agama," ujar Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, seperti dikutip Express, Sabtu (23/5/2015).

Sebelumnya pemerintah mencoba untuk meloloskan aturan pelarangan penggunaan cadar di seluruh lokasi publik. Tetapi dengan adanya aturan baru ini, langkah tersebut akan ditarik.

Sementara bagi mereka yang mencoba untuk melanggar aturan tersebut, akan dikenakan denda hingga mencapai Rp5,8 juta.

Penggunaan cadar di Belanda tidaklah terlalu banyak. Perempuan yang menggunakan cadar di Negeri Tulip itu mencapai antara 100 hingga 500 perempuan.

Belanda bukan satu-satunya negara di Eropa yang melarang penggunaan cadar. Sebelumnya, Prancis pada 2010 juga melarang penggunaan cadar yang berujung pada protes dari kalangan masyarakat Muslim karena dinilai diskriminatif.
 


(FJR)