Myanmar Terus Didesak Terima Rohingya sebagai Warga Negara

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 23 May 2015 13:56 WIB
rohingya
Myanmar Terus Didesak Terima Rohingya sebagai Warga Negara
Para pengungsi Rohingya yang mencari tempat baru (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Yangon: Desakan agar Myanmar memberikan kewarganegaraan untuk etnis Rohingya makin deras terdengar. Wakil Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, kembali menyuarakan hal tersebut di Myanmar.

Usai mengunjungi Indonesia, Blinken berada di Myanmar pada sejak Kamis (21/5/2015). Selama di Myanmar diplomat senior AS itu pun melakukan pertemuan dengan para pemimpin di Myanmar.

"Warga Muslim Rohingya Myanmar, yang lari menghindari kemiskinan dan penyiksaan, seharusnya mendapat jalan memperoleh kewarganegaraan sebagai cara membantu menyelesaikan krisis kemanusiaan yang tengah berlangsung di kawasan itu," ujar Blinken di Yangon, Jumat (22/5/2015), seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (23/5/2015).

"Ketidakpastian karena tidak memiliki status apapun merupakan salah satu hal yang mungkin menyebabkan orang-orang itu pergi," lanjutnya.

Pengungsi Rohingya pun deras berdatangan ke Indonesia, Malaysia dan Thailand. Hingga saat ini sekitar 3.000 pengungsi sudah berhasol diselamatkan, selama 30 hari terakhir.

Indonesia dan Malaysia pun bersedia untuk memberikan penampungan terhadap pengungsi yang menumpang kapal tersebut. Penampungan akan diberikan waktu selama satu tahun ke depan.

Meski sebagian besar dari mereka ada warga Rohingya yang melarikan dari diskriminasi, Pemerintah Myanmar menyebutkan mereka adalah pencari suaka Bangladesh yang berpura-pura menjadi warga Rohingya demi mendapatkan bantuan.

Myanmar pun pada akhirnya bersedia untuk membahas masalah ini dengan Indonesia, Malaysia dan Thailand di Bangkok pada 29 Mei 2015 mendatang. Mereka pun bersedia untuk datang dalam pertemuan tersebut, asalkan para pengungsi itu tidak disebut sebagai pengungsi Rohingya.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah menampung lebih dari 1.300 warga Rohingya. Mereka sebagian besar berada di penampungan sementara di Aceh.

 


(FJR)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

14 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA