Mendikbud Meminta Pemenang OSN tak Pasif Majukan Sains Indonesia

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 23 May 2015 16:23 WIB
pendidikan
Mendikbud Meminta Pemenang OSN tak Pasif Majukan Sains Indonesia
Suasana penutupan OSN 2015 di Yogyakarta, Metrotvnews.com/ Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Rasyid Baswedan, menutup ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 di Gedung Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu 23 Mei. Perlombaan tingkat nasional itu diikuti 2.500 peserta pelajar yang memperebutkan 408 medali.

Menteri Anies mengatakan OSN menjadi sarana mencari tunas bangsa yang berprestasi di bidang sains. Ia meminta para peserta tidak sekadar melihat medali, namun semangat untuk terus giat belajar.

"OSN adalah garis start untuk memajukan sains Indonesia. Jangan puas di nasional, Anda harus bisa sampai ke level internasional," kata Menteri Anies.

Ia menambahkan ajang OSN juga menjadi sarana membangun sumber daya manusia. Namun demikian, membangun manusia dengan mulai mengidentifikasi anak-anak di bidang sains tidak mudah.

Menteri Anies berharap, kompetisi OSN bisa menjadi contoh bagi pelajar lain serta memberikan modal siswa dan sekolah untuk membangun masa depan lebih baik. "Anak-anak Indonesia tangguh. Anak-anak OSN tidak boleh pasif," ucapnya.

Selepas di DIY, ajang OSN ke 15 tahun 2016 akan diselenggarakan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan, OSN ke 16 tahun 2017 akan dilaksanakan di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Dalam penutupan acara tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat penting. Mereka diantaranya Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud Ahmad Jazidie, anggota DPR RI Esti Wijayati, Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto, Sekretaris Daerah DIY Ichsanuri, serta Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Adji.
 


(RRN)

Hatta Ali Merasa Difitnah

Hatta Ali Merasa Difitnah

1 hour Ago

Menurut Hatta, dirinya datang ke Surabaya karena diminta menjadi dosen penguji dalam ujian terb…

BERITA LAINNYA