Tips Jadi Panutan yang Baik untuk Anak-Anak

   •    Sabtu, 23 May 2015 21:25 WIB
keluarga
Tips Jadi Panutan yang Baik untuk Anak-Anak
Foto: plus.google

Metrotvnews.com, Jakarta: Jangan pernah menunjukkan perilaku buruk Anda di depan anak. Karena itu bisa mempengaruhi mereka dan anak akan meniru sifat buruk Anda dengan sangat cepat. Ini sebabnya Anda harus lebih hati-hati bagaimana berperilaku di depan mereka.

Para Ahli menjelaskan daripada memarahi anak atau memberi hukuman yang keras kepada mereka, lebih baik menanamkan perilaku yang sehat dan kebiasan yang baik. Berikut yang harus Anda ingat baik-baik:

1. Hindari mengkritik diri Anda di depan anak Anda.
Apabila Anda tidak percaya diri dengan berat badan Anda, bisa saja anak Anda terpengaruh karena Anda 'mengirimkan' pesan yang salah kepada mereka dan menyebabkan mereka juga ikut rendah diri.

2. Jangan habiskan waktu dengan laptop atau smartphone.
Ini mengirimkan sinyal yang salah kepada mereka. Anak Anda akan berpikir, tidak apa untuk melakukan hal sama. Jika Anda melarangnya, mereka mungkin bisa mengamuk dengan membalikkan fakta bahwa Anda juga melakukan hal yang sama.

3. Jaga penampilan
Anak gadis Anda mungkin akan berdandan menggunakan pakaian dan make up Anda. Tidak apa jika hanya sesekali, tapi jangan terlalu sering, agar tidak menjadi kebiasaan mereka. Dan jaga penampilan Anda di depan mereka

4. Makan berlebihan saat stres
Ini benar-benar akan mengirimkan hal yang salah kepada anak Anda dan mereka akan mengambil perilaku yang sama. Saat sedih dan stres mereka berpikir bahwa makan yang banyak adalah jalan keluarnya.

5. Biarkan Anak Anda melihat Anda membaca
Dengan membaca bisa mendorong mereka untuk melakukan hal yang sama. Bawa anak Anda ke toko buku dua kali sebulan dan biarkan mereka memilih buku yang disukainya. Karena membaca adalah sebagian dari sumber ilmu.

6. Jangan bandingan anak Anda dengan anak lain
Membandingkan anak Anda dengan yang lain dalam kompetisi bisa membuat mereka kehilangan motivasi dan menurunkan harga diri mereka. Sebaiknya, fokus pada apa kelebihan mereka dan tetap memberikan pujian.

7. Hindari bertengkar dengan pasangan
Mereka akan menganggap bahwa tidak apa-apa berteriak atau bersikap kasar dalam berargumen.

8. Jaga bicara Anda
Jangan pernah membicarakan orang lain di depan anak-anak. Mereka akan berpikir itu hal yang baik dan akan melakukan hal yang sama. Jadi, hindarilah bergosip. (Sumarni)


(AWP)