Modifikasi Motor

Superbike Australia Pakai Mesin V8, Tenaganya 334 Daya Kuda

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 23 May 2015 23:01 WIB
modifikasi motor
Superbike Australia Pakai Mesin V8, Tenaganya 334 Daya Kuda
PGMV8, motor yang tercipta dari penggabungan dua mesin Yamaha R1. Kneeslider

Metrotvnews.com: Australia bukanlah negara yang dikenal sebagai negara penghasil atau perakit sepeda motor ternama. Tapi penggila roda dua di sana selalu antusias dan memiliki ide-ide liar akan kecintaanya terhadap sepeda motor.

Kejutan terbaru mereka adalah sepeda motor bermesin V8, berkapasitas 2.000 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 334 daya kuda. Motor yang disebut dengan PGMV8 ini bukanlah produksi massal, melainkan hasil modifikasi yang dilakukan Paul G Maloney.

Dirilis Visordown, inilah motor bermesin V8 pertama dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Sebelumnya ada motor bermesin 750 cc dan 1000 cc bermesin V8 karya Ian Drysdale.

PGMV8 sendiri menggunakan basis mesin Yamaha YZF-R1, bukan satu melainkan dua buah mesin yang digabungkan, sehingga terbentuklah mesin berkonfigurasi V8. Maloney melakukan hal ini karena dikatakannya berbiaya lebih murah, meski butuh waktu lama untuk membuatnya sempurna.

Waktu yang dibutuhkan Maloney untuk menggarap motor dengan konsep 'gila' ini cukup panjang. Yaitu butuh waktu hingga tujuh tahun. Pengerjaan pertama dimulai tahun 2008 dan mesin berhasil hidup setahun kemudian. Sedangkan selama 2009 hingga 2015, Ia merakit dan menyempurnakan sepeda motor yang akan menggunakan mesin ini.

Mesin ini menggunakan kepala silinder dan piston Yamaha YZF-R1, dengan crankcase berbahan alumunium, flat-plane crankshaft dan transmisi enam percepatan yang mengambil milik superbike Yamaha tersebut.

Hasilnya adalah sepeda motor dengan mesin DOHC 5 klep per silinder. Artinya ada 40 klep pada kepada silindernya, kapasitas mesin 1.996 cc, rasio kompresi 13:1, throttle body Mikuni, ECU Motec M130, serta knalpot Akrapovic titanium dengan tenaga mencapai 334 daya kuda.

Jadi penasaran bagaimana rasanya mengendarai motor ini.
 


Silahkan kirim ke otomtvn@gmail.com, untuk berbagi informasi seputar dunia otomotif (Mobil dan Motor, Tips, Modifikasi hingga Foto dan Video unik).


(UDA)

Setnov Kirim Surat Tak Bisa Hadiri Sidang KTP-el

Setnov Kirim Surat Tak Bisa Hadiri Sidang KTP-el

2 minutes Ago

Setya Novanto tidak menghadiri sidang kasus korupsi KTP-el. Setnov mengirimkan surat tak bisa h…

BERITA LAINNYA